Sukses


    Pulang Jalan Kaki, Secuil Fanatisme dari Pendukung Persipura

    Bola.com, Jayapura - Laga pembuka Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 Presented by IM3 Ooredoo mempertemukan Persipura Jayapura kontra Persija Jakarta sudah berakhir dengan skor 1-1. Namun, pertandingan yang dimainkan di Stadion Mandala, Jayapura, pada Jumat (29/4/2016) malam itu masih menyisakan sejumlah cerita menarik.

    Cerita kali ini datang dari pendukung tim tuan rumah, Persipura. Sama seperti suporter klub lain yang mendukung tim kesayangan hingga berkorban materi dan nonmateri, hal yang sama juga dilakukan fans tim Mutiara Hitam.

    Lebih dari satu jam seusai pertandingan jam 00.00 WIT, bola.com masih menjumpai sejumlah penonton yang berjalan kaki secara berkelompok di beberapa ruas jalanan Kota Jayapura. Usut punya usut, ternyata mereka dalam perjalanan pulang ke rumah masing-masing.

    "Malam...," begitu sapa satu kelompok kecil suporter Persipura kepada bola.com yang berada di daerah Angkasa, di Kota Jayapura.

    Mereka mengiyakan saat bola.com menanyakan apakah mereka baru saja menyaksikan laga Persipura.

    Daerah Angkasa, merupakan dataran tinggi yang dikenal sebagai salah satu kawasan elite kota paling timur di Indonesia ini. Daerah tersebut juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat Kota Jayapura dari ketinggian. Untuk mencapai lokasi ini, harus melewati jalanan naik turun dan berkelok di antara pemukiman warga.

    Kelompok kecil lain banyak dijumpai berjalan menuju keluar Kota Jayapura. Keterbatasan transportasi umum menjadi alasan mengapa mereka harus berjalan kaki menembus jalanan Jayapura yang remang-remang di sejumlah lokasi karena minimnya penerangan.

    Salah satu warga Jayapura, Lambert, mengungkapkan hal itu sudah biasa terjadi setiap kali Persipura menggelar laga kandang, khususnya saat malam hari.

    "Sudah tidak ada angkutan umum sesuai rute ke daerah mereka. Jadi, mereka harus berjalan kaki untuk pulang. Mereka sudah biasa melakukan itu," ujar Lambert, menjawab penasaran bola.com saat melihat banyak kumpulan kecil fans yang berjalan kaki hingga luar daerah wilayah Kota Jayapura.

    "Selain dari sekitaran kota, ada pula yang berjalan hingga Abepura," lanjut Lambert, menjelaskan dari mana pendukung Persipura, yang berjalan kaki pada malam itu, dalam perjalanan bola.com menuju Entrop.

    Abepura merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jayapura, yang berjarak sekitar delapan kilometer dari Jayapura. Jarak itulah yang harus ditempuh dalam perjalanan pulang malam itu, dengan berjalan kaki.

    Bila jalan kaki dianggap belum cukup, fans yang berjalan dalam kelompok kecil, dua hingga lima orang itu, harus menyusuri jalanan dengan medan menantang. Bagi yang belum pernah ke Jayapura, kota yang terletak di Teluk Jayapura ini memiliki jalanan naik-turun, menyesuaikan kontur di daerah ini.

    Bagi mereka yang tidak terbiasa berjalan kaki, apalagi harus melahap medan terjal dalam keseharian, tentu apa yang jadi kebiasaan suporter Persipura itu sesuatu yang luar biasa. Demi tim kesayangan, mereka rela menghabiskan waktu dan tenaga yang tidak kecil.

    Namun, itulah secuil bentuk fanatisme suporter di Tanah Air terhadap klub kesayangan. Apapun bisa dan mampu dilakukan demi klub tercinta.

    Video Populer

    Foto Populer