Sukses


Daftar 5 Tugas PSSI setelah Bebas Sanksi FIFA

Bola.com, Jakarta - PSSI resmi mulai bekerja per Senin (16/5/2016), setelah FIFA mencabut suspensi untuk Indonesia pada Jumat (13/5/2016) lewat Kongres Tahunan di Meksiko. Acting President PSSI (Plt. Ketua PSSI), Hinca Panjaitan menyampaikan keputusan FIFA untuk PSSI. 

Ada lima keputusan FIFA yang wajib dijalankan oleh PSSI setelah menjalankan kembali roda organisasinya. Yang menjadi fokus adalah hubungan PSSI dengan pemerintah dan juga pembentukan tim nasional untuk event-event yang menjadi agenda FIFA. 

Hinca menjelaskan, hubungan dengan pemerintah akan dikoordinasikan lebih lanjut terkait koridor-koridor PSSI dan pemerintah. Ada beberapa keputusan yang bisa dijalankan pemerintah dan ada pula yang harus dijalankan langsung oleh PSSI. 

"Nantinya ada kesepakatan yang bisa dijalankan dengan pemerintah dan ada yang keputusan hanya bisa diambil dari PSSI," jelas Hinca dalam sesi jumpa pers di Kantor PSSI, Senayan,Jakarta, Senin (16/5/2016).

Satu dari lima keputusan FIFA adalah, good goverment. Poin itu nantinya menjadi ajang kerja sama PSSI dengan pemerintah untuk menyukseskan beberapa event, terutama Asian Games 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumah. 

Selain kerja sama dengan pemerintah, pembentukan timnas juga menjadi hal yang menarik. Sempat ada wacana untuk mendatangkan manajer kelas dunia seperti Jose Mourinho atau Guus Hiddink dari Menpora. 

Tapi, PSSI belum bisa menentukan pelatih secara cepat. Menurut Hinca, harus ada beberapa prosedur yang dijalankan, salah satunya melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) untuk menentukan pelatih kepala Timnas Senior dan beberapa level timnas, seperti U-23, U-16, dan U-19.

Disinggung tentang adanya klub-klub yang menginginkan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Hinca Panjaitan mengaku pihaknya nanti akan berkomunikasi lebih lanjut dengan klub. "Kami belum bisa menjawab sekarang, paling satu atau dua hari baru bisa berbicara tentang KLB," tandas Hinca. 

Berikut lima tugas PSSI yang diwajibkan FIFA:

1.  Menjalin Hubungan PSSI-APPI

PSSI menyiapkan player relation. Selain itu PSSI dan APPI akan menetapkan standar kontrak bagi pemain sekaligus menyiapkan asuransi.

2. Good governance

Mereview statuta PSSI agar sama dengan statuta FIFA yang baru sekaligus berkomunikasi dengan pemerintah terkait dengan kesepatakan yang bisa dijalankan bersama dan yang tidak.

3. Liga Profesional

Mereview Indonesia Super League sebagai kompetisi resmi PSSI. Sekaligus mengkaji status Indonesia Soccer Championship (ISC) dalam kongres Exco PSSI, 1 Juni di Balikpapan. 

4. Menyiapkan Timnas Indonesia

Mempersiapkan Tim Nasional Indonesia untuk memgikuti bebrapa agenda FIFA yang terdekat seperti Piala AFF 2016, Sea Games 2017, dan Asian Games 2018. 

5. Pengembangan Infrastruktur

PSSI berkoordinasi dengan pihak yang terkait dengan pengembangan infrastruktur untuk memajukan sepak bola nasional.

Video Populer

Foto Populer