Sukses


PSSI Cari Pemasukan, Malaysia Oke Diajak Uji Coba

Bola.com, Petaling Jaya - Kendati hubungan Indonesia dan Malaysia dalam pentas sepak bola regional Asia Tenggara kerap panas, sejatinya Indonesia dan Malaysia kerap saling membutuhkan. Hubungan antarfederasi sepak bola kedua negara yang satu rumpun ini juga harmonis.

Malaysia jadi salah satu negara yang memperlihatkan antusiasme dan perhatian ketika FIFA resmi mencabut sanksinya terhadap Indonesia pada 13 Mei 2016 di Meksiko. Kedua federasi ketika itu secara tak langsung menyepakati digelarnya partai uji coba untuk merayakan dicabutnya sanksi FIFA atas Indonesia.

Indonesia dan Malaysia sama-sama membutuhkan partai persahabatan internasional jelang Piala AFF 2016. Kendati tujuan besar kedua negara sama, yakni mempersiapkan tim sebelum terjun di Piala AFF 2016, Indonesia dan Malaysia memiliki target lain yang ingin dicapai melalui laga itu.

Buat Indonesia, salah satu yang disasar adalah pendapatan tiket untuk mendanai tim nasional. Plt. Ketua Umum PSSI, Hinca Panjaitan, dalam pernyataannya beberapa waktu lalu dengan tegas mengungkapkan bila salah satu sumber pendanaan Timnas Indonesia diperoleh melalui hasil tiket pertandingan.

Dalam kondisi usai vakum dari aktivitas sepak bola internasional, bisa dipastikan uji coba kontra Malaysia bisa jadi cara PSSI untuk menambah dana bagi operasional Tim Garuda.

Seperti diketahui, duel melawan Malaysia selama ini selalu menjanjikan atmosfer seru di dalam lapangan. Pertemuan kedua tim sayang dilewatkan fans sepak bola kedua negara kendati hanya bertajuk partai persahabatan.

Sementara Malaysia, seperti disampaikan Sekjen Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd Amin, laga persahabatan dengan Indonesia bakal jadi salah satu cara tim Harimau Malaysia untuk memperbaiki posisi dalam daftar ranking FIFA.

Buat Negeri Jiran, berada di urutan 173 dari 209 negara anggota per 2 Juni 2016 bukanlah hal yang membanggakan. Tidak heran, FAM mengagendakan sejumlah uji coba internasional untuk tim asuhan pelatih Ong Kim Swee itu. Indonesia, hanya salah satu dari daftar calon lawan.

Selain Indonesia, Malaysia juga berencana bertemu Singapura, Thailand, serta Afganistan. Datuk Hamidin Mohd Amin mengungkapkan laga persahabatan melawan Indonesia, Singapura, serta Thailand diproyeksikan jadi partai tandang buat Khairul Fahmi Che Mat dkk, sedangkan Afganistan direncanakan dimainkan di kandang.

Empat partai uji coba itu digelar dalam durasi September-Oktober 2016, dua uji coba dalam tiap bulan, mengikuti kalender internasional FIFA.

"Namun, soal kandang-tandang masih bisa berubah sesuai keputusan Ong Kim Swee," kata Datuk Hamidin Mohd Amin.

"Kami ingin bertemu Indonesia, Singapura, dan Thailand karena kami punya peluang besar berjumpa mereka di Piala AFF mendatang," imbuh sang sekjen seperti dikutip di Bernama.

Saat ini Malaysia berada di Brisbane, Australia, sebagai persiapan uji coba melawan negara-negara di kawasan Oceania. Dimulai melawan Papua Nugini (17/6/2016), berlanjut ke Kaledonia Baru (22/6/2016), dan Fiji (26/6/2016).

Di sisi lain, Sekjen PSSI, Azwan Karim, tidak terlalu risau memikirkan venue uji coba bila nantinya duel Timnas Indonesia versus Malaysia jadi digelar di Indonesia. "Ada beberapa stadion yang layak menggelar laga internasional," ujarnya.

Dari berbagai stadion yang ada di Tanah Air, dipastikan PSSI bakal memilih stadion yang dianggap bisa mendatangkan penonton terbanyak agar hasil dari pemasukan tiket melimpah, sebagai pertimbangan utama.

 

 

Video Populer

Foto Populer