Sukses


ISC B Grup 8: Persigubin Adaptasi Gaya Main Lawan di Makassar

Bola.com, Makassar - Persigubin Gunung Bintang, klub asal Papua, tidak ingin asal numpang lewat di Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016. Skuat Armand Mial membidik target minimal lolos dari penyisihan Grup 8 yang memakai sistem home tournament.

Selain Persigubin, Grup 8 juga dihuni Persiboul Boul, Persigo Gorontalo, Celebest FC, Kalteng Putra, dan Yahukimo FC.

"Kekuatan klub peserta di Grup 8 terbilang merata. Itulah mengapa kami tetap yakin bisa bersaing ke 16 Besar," ujar Mial kepada Bola.com di Makassar.

Menurut Arman, memang tidak mudah buat Persigubin mewujudkan target itu. Pasalnya, mereka baru melakukan persiapan intensif selama lima hari sebelum bertolak ke Makassar, Senin (11/7/2016). "Kami akan melihat dulu hasil tiga partai awal di Grup 8. Kalau hasilnya positif, kami akan mematok target lebih tinggi," paparnya.

Putaran pertama Grup 8 berlangsung di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, 22 Juli-7 Agustus 2016. Di putaran kedua, giliran Stadion Gawalise Palu jadi lokasi pertandingan pada 19 Agustus-14 September 2016.

Persigubin punya kiat tersendiri untuk berdaptasi karakter permainan pesaing mereka di Grup 8 yang mayoritas dihuni pemain asal Sulawesi. "Kami sengaja mengadakan pemusatan latihan dan beruji coba dengan tim asal Makassar karena mayoritas klub pesaing kami di Grup 8 memakai jasa pemain dari daerah ini," ungkap Armand.

Armand mengakui kekuatan Persigubin tidak sebaik ketika mereka nyaris menembus semifinal Divisi Utama 2014. Saat ini, Persigubin tidak lagi diperkuat Paulus Hisage, gelandang yang hengkang ke Perseru Serui, dan Jekino Itlay, striker yang memilih jadi PNS.

"Karena itu, kami berharap banyak pada Usman Sakubu dan Engel Uropmobin, dua pilar yang tersisa di Persigubin," kata mantan pemain Persidafon dan Persiwa Wamena ini.

Di Makassar, selain beruji coba dengan Bank Sulselbar (12/7/2016), Persigubin juga menghadapi PSM U-21 di Lapangan Karebosi, Kamis (14/7/2016) dan Makassar United di Lapangan Kodam, Jumat (15/7/2016).

"Kami memang sengaja memperbanyak uji coba untuk meningkatkan kerja sama tim," kata Armand.

Seusai pemusatan latihan di Makassar, Persigubin bertolak ke Palangkaraya, Minggu (17/7/2016), untuk menjalani putaran pertama Grup 8 ISC B 2016.

 

Video Populer

Foto Populer