Sukses


Kelemahan Singapura Ini Bisa Dimanfaatkan Indonesia di Piala AFF

Bola.com, Geylang - Timnas Singapura terus berbenah menjelang Piala AFF 2016. Saat ini tim asuhan pelatih V. Sundramoorthy itu sedang menggelar pemusatan latihan di kawasan Geylang, Singapura. Ada sejumlah kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia, yang bakal jadi pesaing mereka pada pengujung tahun nanti.

Pelatnas di Singapura ini digelar pada 11-18 Juli 2016. Setelah itu Daniel Bennett dkk. akan menjalani pelatnas di Niigata, Jepang, pada 18-26 Juli 2016. Di Negeri Matahari Terbit, timnas Singapura proyeksi Piala AFF 2016 dijadwalkan melakoni tiga uji coba, dilanjutkan dengan uji coba di Phnom Penh melawan timnas Kamboja.

Seperti dilansir di Today, Rabu (13/7/2016), V. Sundramoorthy tengah bergumul dengan kelemahan terbesar timnya: minim gol. Padahal, Singapura mengaku memiliki pemain dengan agresivitas cukup tinggi dalam hal mencetak gol.

Statistik mencatat, dari 16 pertandingan yang dijalani The Lions sejak 2015, hanya dua laga yang berakhir dengan marjin lebih dari dua gol. Dua laga itu, masing-masing ketika menang 5-1 dari Brunei di laga uji coba (7/6/2015) dan mengalahkan Kamboja 4-0 di kualifikasi Piala Dunia 2018 (11/6/2015).

"Tim ini butuh lebih banyak mencetak gol. Di (turnamen) AYA Bank Cup saat melawan Myanmar bulan lalu, kami menciptakan banyak peluang tapi gagal mengoversinya. Persoalan sama terjadi kala menghadapi Vietnam. Kami harus lebih tajam lagi kalau mau sukses di Piala AFF nanti," ungkap V. Sundramoorthy seperti dikutip di Today.

Hal itu jelas jadi masalah yang harus dipecahkan sang pelatih sebelum bertempur di Piala AFF 2016. V. Sundramoorthy ingin skuatnya lebih tajam dan ia optimistis bisa mewujudkan hal itu. Pelatih 50 tahun itu menilai persoalan minim gol The Lions lebih disebabkan karena ketidakberuntungan semata.

Buatnya, terus menciptakan peluang sangat penting. Begitu pula dengan pikiran positif saat menghadapi lawan. "Pemain harus berpikir bisa menciptakan banyak peluang, mencetak gol, dan memenangi pertandinga. Selama kami terus bisa berkreasi (menciptakan peluang), kami yakin bisa mencetak lebih dari dua gol pada saatnya nanti," ujarnya.

Di sisi lain, sulitnya melesakkan gol ke gawang lawan menurut V. Sundramoorthy karena mayoritas tim-tim saat ini jadi lebih kuat dari sisi pertahanan.

Kelemahan yang diekspos sang pelatih ini tentu bisa dimanfaatkan dan jadi catatan tim pesaing di Piala AFF 2016, termasuk Indonesia. Hal ini karena Tim Garuda punya peluang berada di grup sama dengan the Lions di fase penyisihan grup nanti. 

Video Populer

Foto Populer