Sukses


Mengejutkan, Kapten dan Wakil Kapten Malaysia Pensiun Dini

Bola.com, Johor Bahru - Kabar mengejutkan diterima publik sepak bola Malaysia, terutama tim pelatih timnas Malaysia yang beken dengan julukan Harimau Malaysia. Pada Selasa (12/7/2016), dua sosok penting di timnas mengumumkan pensiun dini.

Dua pemain itu adalah Safiq Rahim dan Mohd Aidil Zafuan Abdul Razak. Keduanya tercatat sebagai pemain di kontestan Malaysia Super League, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Pengumuman pensiun dari timnas disampaikan keduanya, kali pertama melalui Facebook resmi JDT. Aidil lebih dulu menyampaikan kabar itu dan disusul Safiq selang sejam kemudian pada Selasa sore.

Tak hanya fans Harimau Malaysia yang dibuat heboh, media massa Negeri Jiran juga ramai memberitakan keputusan pensiun kedua pemain itu, yang dianggap secara tiba-tiba, dan jadi pukulan telak untuk timnas mereka.

Dalam akun Facebook JDT, baik Safiq maupun Aidil memiliki alasan sama, yakni sudah saatnya memberikan kesempatan pada pemain lebih muda untuk mengisi timnas.

"Prestasi yang sudah diukir dengan ikut memenangi medali emas SEA Games 2009 dan juara Piala AFF 2010 dengan timnas senior dipastikan menginspirasi bagi pemain generasi selanjutnya untuk memberikan prestasi positif lebih banyak lagi bagi negara," kata Aidil.

"Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya di timnas selama ini, terutama Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan jajaran tim pelatih serta pendukung timnas," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Keuntungan buat Indonesia?

Aidil, sebelumnya juga menyampaikan bila ia bangga dengan pencapaiannya selama bersama Harimau Malaysia, termasuk mempersembahkan medali emas SEA Games 2009.

Keputusan pensiun ini tentu meninggalkan pekerjaan rumah besar bagi pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, dalam persiapan Piala AFF 2016 serta kualifikasi Piala Dunia 2018 putaran ketiga zona Asia.

Pasalnya, keduanya merupakan langganan timnas senior setidaknya sejak tujuh tahun terakhir. Safiq tercatat sebagai kapten timnas serta Aidil jadi deputi Safiq hingga keduanya memutuskan pensiun. Bahkan Aidil jadi kapten saat Safiq absen karena cedera dalam tur Jelajah Oceania yang dijalani timnas Malaysia pada akhir Juni lalu.

Kapten timnas Malaysia, Safiq Rahim, dan Aidil Zafuan (wakil kapten timnas Malaysia) memutuskan pensiun dini dari timnas. (Bola.com/Facebook JDT)

Kejutan makin terasa karena keduanya belum memasuki usia senja pesepak bola. Safiq yang berposisi sebagai gelandang serang baru berusia 29 tahun. Sementara Aidil yang bermain sebagai bek, baru berusia 28 tahun.

Safiq mencatatkan caps internasional sebanyak 66 dengan 15 gol. Di sisi lain Aidil yang mengantongi cap 68 pertandingan mengoleksi tiga gol.

Buat publik Indonesia nama keduanya juga cukup akrab, terutama Safiq Rahim. Kendati dari catatan belum pernah membobol gawang Timnas Garuda, penampilan Safiq di final Piala AFF 2010 tak mudah dilupakan.

Selain mengalahkan Indonesia dengan agregat skor 4-3 dan menyegel gelar juara, mantan pemain Selangor FA itu juga memboyong gelar Golden Boot alias sepatu emas turnamen regional ASEAN paling bergengsi itu. Ia juga menyabet gelar pemain terbaik di Piala AFC 2015.

Di sisi lain, hingga kini belum ada informasi detail lain di balik keputusan pensiun dini keduanya, selain yang disampaikan melalui Facebook JDT. Namun yang pasti, Ong Kim Swee dan stafnya harus mencari pengganti keduanya di sisa waktu yang ada mengingat kontribusi vital mereka tidak mudah tergantikan pemain lain.

Bisa jadi, hal ini akan jadi keuntungan buat Indonesia seandainya kedua tim terlibat bentrokan pada Piala AFF 2016 nanti.

Video Populer

Foto Populer