Sukses


Engelberd Sani, Cemerlang di Madura dan Impian ke Piala AFF

Bola.com, Bangkalan - Penampilan memesona Madura United pada ajang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo tak lepas dari kontribusi pemain asal Sorong (Papua), Engelberd Sani. Beroperasi di sayap kiri, sang pemain membuat pertahanan Madura United sulit ditembus lawan.

Kelebihan pemain yang satu ini tak hanya kuat saat bertahan, tapi juga bagus kala naik membantu serangan. Menyisir dari sektor kiri lapangan, aksi-aksi Engelberd kerap merepotkan pertahanan lawan. Ia tak jarang mencetak gol bagi timnya.

Salah satu aksi brilian eks pemain Persiram Raja Ampat, Pelita Jaya dan Arema Cronus ini kala ia menjebol gawang Persegres Gresik United (16/7/2016). Apa yang membuat Engelberd bisa tampil mengilap bersama Madura United? Berikut petikan wawancara Bola.com dengan Engelberd Sani

Apa yang membuat Anda tampil bagus bersama Madura United? Bagaimana dengan racikan pelatih?

Pelatih menempatkan saya di posisi yang menjadi spesialisasi saya. Formasi dan skema main yang diterapkan Coach Gomes membuat saya bisa mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik saya. Ini berkat racijan yang diterapkan pelatih sesuai dengan saya.

Benarkah sejak di Madura United, Anda seakan menemukan kembali sentuhan terbaik?

Benar, sepak bola bukan hanya soal teknis, tapi juga nonteknis. Di Madura United, semua berjalan baik.
Sejak awak saya bergabung, tim ini sangat kondusif. Semua pemain saling mendukung, kami sama-sama tahu tugasnya masing-masing.

Apakah ada yang berbeda dengan tim-tim Anda sebelumnya?

Setiap tim yang saya singgahi punya karakteristik dan kondisi yang berbeda. Tidak ada yang lebih buruk.
Namun kelebihan Madura United adalah suasana kekeluargaan dan kebersamaannya. Di tim ini, semua pemain mau bekerja keras. Manajemen juga punya komitmen tinggi terhadap tanggung jawabnya.

Dari semua elemen tim ini, siapa yang paling memengaruhi penampilan apik Anda?

Semua, rekan setim, pelatih, dan manajemen. Saya suka mereka semua. Akibatnya, saya bisa bermain baik di mayoritas pertandingan karena semua berjalan dengan baik. Semua yang dilakukan dengan hati senang, tenang, dan nyaman, hasilnya pasti luar biasa.

Bagaimana cara Anda mengatasi tekanan dan target dari manajemen dan suporter?

Dimana kita bermain, tekanan dan target itu pasti ada dengan kadarnya masing-masing. Tergantung kita menyikapinya. Kalau itu dianggap beban, bisa memberatkan langkah kita. Kalau saya, hal itu saya jadikan lecutan dan penyemangat. Sehingga setiap bertanding, saya selalu termotivasi untuk menang.

Bagaimana Anda melihat persaingan antarpemain di tim Madura United?

Sangat ketat, karena semua pemain di setiap posisi memiliki kualitas merata. Sehingga pemain satu dengan lainnya berlatih keras dan berpacu untuk jadk yang terbaik. Meski ketat, rivalitas kami sangat sehat.

Apalagi Anda berharap dipanggil bergabung dengan Timnas proyeksi Piala AFF 2016?

Tentu saja. Semua pemain tentu ingin menjadi pemain Timnas. Sebab saya merasakan sendiri betapa bangganya bisa membela negara di ajang internasional seperti SEA Games.

Video Populer

Foto Populer