Sukses


Cerita Persahabatan Trio Brasil di Madura United

Bola.com, Bangkalan - Ada trio Brasil di Madura United, yakni sang pelatih, Gomes de Olivera, pelatih fisik sekaligus eks pelatih Persipura Oswaldo Lessa, dan kapten Fabiano Beltrame. Dari ketiga pria Brasil ini, hanya Gomes yang tinggal terpisah. Jika Gomes menempati rumah pribadinya di kawasan perumahan mewah di Surabaya Barat, Lessa dan Fabiano hidup di salah satu apartemen mewah di kawasan Surabaya Timur.

Gomes tak tinggal di tempat yang sama karena ia menetap di Surabaya sejak masih berkarier sebagai pemain Mitra Surabaya. Gomes tinggal di sana sejak menikah dengan perempuan keturunan Tionghoa asal Surabaya, beberapa tahun silam.

Kebetulan, jarak tempuh dari tempat tinggalnya ke markas Madura United di Bangkalan, Madura hanya sekitar 1 jam perjalanan. Maka itu, pria kelahiran Brasil 1 Desember 1962 itu memilih pergi-pulang ketimbang menginap di Bangkalan atau berkumpul dengan kedua kompatriotnya.

Dengan tinggal di rumah, eks pemain Mitra Surabaya ini bisa tetap mendampingi sang istri setiap hari. Maklum, jika Gomes tak di rumah, istrinya tinggal sendirian di rumah lantaran tiga tahun terakhir anak semata wayangnya tinggal di Brasil. Sedangkan keluarga Lessa maupun Fabiano berada di Brasil.

 

"Sebetulnya saya juga tidak masalah kalau urusan pekerjaan karena sebelumnya saya pernah lama di Wamena, Raja Ampat dan Jayapura. Tapi karena sekarang Bangkalan masih relatif dekat, saya usahakan selalu pulang," kata Gomes.

Sementara itu, Lessa dan Fabiano setiap hari berkumpul karena mereka tinggal di satu apartemen yang sama. Kendati tidak ada istri dan anak, mereka mengaku tak pernah kesepian. Sebab, selain mereka juga ada tiga pemain asing Madura United yang tinggal satu apartemen, Dane Milovanovic, Pablo Rodriguez Aracil, dan Erick Weeks Lewis.

"Kami tidak pernah kesepian meski tidak bersama keluarga karena ada teman-teman di sini. Kami sudah seperti keluarga," ujar Fabiano.

Para pemain asing ini memang sering berkumpul bersama di waktu senggang. "Kalau pun tidak, kami berangkat dan pulang latihan bareng," katanya.

Untuk Gomes, meski tinggal berjauhan, komunikasi dengan kedua kompatriotnya itu terjalin dengan baik. Mereka kerap berkomunikasi via telepon seluler. Sesekali Gomes juga berkunjung ke apartemen Lessa dan Fabiano, terutama jika ada acara tertentu. "Tapi lebih sering komunikasi langsung saat latihan Madura United," tutur Gomes.

Gomes, Lessa dan Fabiano sudah seperti keluarga sendiri. Maklum sebagai sesama warga Brasil, mereka punya kesamaan kultur. "Saya sudah lama tinggal di Indonesia, budaya saya sudah seperti orang Indonesia. Saat bersama mereka, saya seperti berada di tempat asal saya," kata Gomes yang diamini Fabiano dan Lessa.

 

Video Populer

Foto Populer