Sukses


ISC B: Stadion Sepi, Persip Pekalongan Rugi Ratusan Juta Rupiah

Bola.com, Pekalongan - Pertandingan Indonesia Soccer Championship (ISC) B yang digagas PT Gelora Trisula Semesta ternyata tak terlalu diminati penonton maupun suporter klub peserta. Hal itu merujuk pada peristiwa yang dialami, Persip Pekalongan.

Tim berjuluk Laskar Kalung ini seolah kesepian saat melakoni laga kandang di Stadion Hoegeng, Pekalongan. Suara yel-yel suporter dan riuh rendah bunyi perkusi jarang terdengar di venue yang sebelumnya bernama Stadion Kota Batik itu.

Menurut General Manajer Persip, A'am Ichwan penurunan animo penonton ini sangat drastis bila dibandingkan dengan kompetisi Divisi Utama 2014 maupun laga uji coba.

“Dari total kapasitas stadion yang mencapai 15 ribu orang hanya terisi sekitar sepuluh persen saja. Artinya, pertandingan kandang Persip cuma disaksikan sekitar 1.500 sampai 2.000 orang. Akibatnya, kami merugi hingga ratusan juta rupiah,” kata A'am Ichwan.

Jumlah kerugian itu hasil rekapitulasi total dari tiga laga yang telah dijalani Awan Setho Raharjo dan kawan-kawan. Padahal, lanjut A'am Ichwan, prestasi Persip sangat bagus pada penyisihan Grup 3 ISC B. Saat ini mereka bertengger di peringkat dua klasemen sementara atau berada di bawah PSCS Cilacap.

“Ternyata prestasi ini tak menarik animo penonton untuk datang ke stadion. Analisa kami karena ISC B tak ada promosi dan degradasi membuat orang enggan mengeluarkan uangnya untuk nonton,” kata A'am Ichwan.

Kemungkinan lainnya, kata A'am Ichwan,  kebutuhan masyarakat meningkat pesat selama dua bulan terakhir karena berbenturan dengan biaya hidup selama Ramadan, Idul Fitri, dan pengeluaran siswa pada tahun ajaran baru.

“Saya yakin orang akan berpikir ekonomis. Mereka lebih memilih memenuhi kebutuhan yang lebih mendesak daripada menonton sepak bola. Imbasnya, manajemen harus menutup kerugian itu. Sebenarnya, pemasukan dari penonton sangat membantu keuangan klub," ia menegaskan.

 

 

Video Populer

Foto Populer