Sukses


Persipura Copot Jafri Sastra

Bola.com, Surabaya - Jafri Sastra resmi dicopot Persipura Jayapura dari jabatannya sebagai pelatih kepala tim Mutiara Hitam pada Senin (1/8/2016) malam. Keputusan itu diambil dalam sebuah pertemuan manajemen klub dan tim pelatih di Hotel Weta, Surabaya.

Meski tidak disampaikan secara detail, penyebab pencopotan tentu sudah diketahui, yakni hasil yang dianggap kurang meyakinkan yang diraih Boaz Solossa dkk. dalam beberapa pertandingan terakhir.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano, menjelaskan bila langkah ini ditempuh demi membenahi kondisi tim dan demi kebaikan Persipura.

"Kami hormat dan sangat menghargai Pak Jafri. Kami mengapresiasi kerja beliau selama di Persipura, bahkan tidak tertutup kemungkinan suatu saat kami akan bekerja sama lagi," ujar Benhur.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Pak Jafri selama beliau berada di Persipura, ada kisah sedih kami jalani, tetapi ada juga kemenangan luar biasa yang kami raih bersama. Pak Jafri tidak gagal, tetapi ekspektasi masyarakat Papua yang sangat tinggi pada Persipura membuat keadaan menjadi sulit. Kami respek terhadap Pak Jafri karena beliau memahami situasi tersebut. Terima kasih banyak kami haturkan kepada Pak Jafri," imbuh sang Ketua Umum.

Benhur, yang juga wali kota Jayapura, menegaskan bila Jafri tidak dipecat. "Tidak ada istilah pecat-memecat. Ini adalah kesepakatan profesional. Kami sampaikan kondisinya dan Pak Jafri sangat memahami hal itu sebagai seorang profesional," tegasnya.

Bersamaan dengan keputusan mencopot Jafri, manajemen tim Mutiara Hitam menunjuk pelatih asal Argentina, Angel Alfredo Vera, untuk menduduki kursi panas pelatih yang baru.

Benhur menjelaskan bila keputusan menunjuk eks pelatih Persegres Gresik United itu bukan hal mudah lantaran turnamen sudah berjalan dan hampir semua pelatih yang memenuhi syarat sudah dikontrak.

"Tapi setelah mempelajari dan mempertimbangan lamaran yang ada, kami akhirnya bersepakat dengan Angel Alfredo Vera. Dia memiliki lisensi A AFC. Kami berharap kehadirannya bisa meningkatkan performa tim," lanjut Benhur.

Di sisi lain, grafik Persipura di tangan Jafri memang tidak stabil. Selepas menang 3-0 di markas Pusamania Borneo FC (15/7/2016), Ferinando Pahabol cs. mendapat hasil tidak memuaskan saat tumbang dari Persib 0-2 (21/7/2016) dan ditahan 1-1 Persiba Balikpapan (25/7/2016) di kandang sendiri, Stadion Mandala, dan kembali kalah 0-2 saat bertandang ke markas Madura United (30/7/2016).

Secara keseluruhan, Jafri, yang datang ke Persipura pada awal April 2016, hingga Selasa (2/8/2016) ini membawa tim Mutiara Hitam menjalani 13 laga di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo dengan hasil lima kemenangan, empat laga imbang, dan empat kali menelan kekalahan. Untuk sementara Persipura ada di peringkat ke-7 klasemen dengan poin 19.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer