Sukses


Zulham Zamrun Berharap Timnas Indonesia Jangan Pesimistis di AFF

Bola.com, Jakarta - Bintang Persib Bandung, Zulham Zamrun, berharap para pemain yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia tidak patah semangat menyikapi banyaknya komentar yang menyebut peluang Indonesia sangat tipis di Piala AFF 2016. Sepanjang bola bundar, segala kemungkinan bisa terjadi.

Hasil undian Piala AFF 2016 menempatkan Timnas Indonesia di Grup A bersama lawan-lawan keras macam: Thailand (juara bertahan), Filipina, serta Singapura. Melihat kenyataan itu publik sepak bola Indonesia merasa pesimistis skuad Garuda bisa meraih prestasi di ajang turnamen nanti.

Berbeda dengan negara-negara pesaing, Tim Merah-Putih minim persiapan. Empat bulan kurang jelang turnamen PSSI baru memastikan satu lawan uji coba buat timnas, yakni Malaysia. Konflik berkepanjangan antara PSSI dengan Kemenpora membuat aktivitas timnas mati suri sepanjang setahun terakhir. Sanksi skorsing FIFA membuat Indonesia kehilangan kesempatan berlaga di berbagai event internasional.

Namun, menurut pandangan Zulham Zamrun, fakta-fakta itu semestinya menjadi pemacu semangat penggawa Timnas Indonesia. Ia mencontohkan Italia yang menjadi juara dunia di Piala Dunia 2006, saat negaranya tengah dihantam kasus besar pengaturan skor yang menghebohkan dunia.

"Jangan menyerah sebelum bertanding, kita semestinya mempunyai semangat patang menyerah. Siapapun lawan-lawannya, Indonesia tidak perlu takut. Buat apa memikirkan kekuatan lawan, fokus saja membenahi kekurangan sendiri selagi masih ada waktu," kata Zulham Zamrun yang saat ini tengah berada di Serui bersama klubnya saat dikontak Bola.com pada Kamis (04/8/2016).

Penyerang sayap kelahiran Ternate, 19 Februari 1988 itu sendiri tak membantah jika Indonesia berada di grup yang persaingannya terhitung berat. Tapi, ia memilih tidak mau ambil pusing dengan kondisi itu. Fokus utamanya saat ini diarahkan ke proses seleksi pembentukan Timnas Indonesia. Ia tidak ingin kalah bersaing dan kehilangan kesempatan bermain di Piala AFF 2016.

"Buat saya sebuah kebanggaan bisa memakai kostum berlogo Garuda di dada. Makanya sekuat tenaga saya akan berjuang menjadi yang terbaik saat menjalani seleksi nanti. Soal lawan, selama masih melawan 11 pemain, semua lawan saya anggap sama. Tinggal kita menjaga kekompakan dan disiplin serta fokus dalam setiap pertandingan," papar Zulham Zamrun mengakhiri pembicaraan.

Sang pemain juga menjadi bagian dari skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2014 lalu. Saat itu tim asuhan Alfred Riedl gagal melaju ke semifinal.

Indonesia meraih hasil imbang 2-2 melawan tuan rumah Vietnam dan selajutnya kalah telak 0-4 dari Filipina. Kemenangan 5-1 di laga terakhir melawan Laos tak menolong Tim Merah-Putih. Mereka harus merelakan Filipina dan Vietnam menjadi perwakilan grup A.

 

Video Populer

Foto Populer