Sukses


Sebulan Jelang AFF, Alfred Riedl Tentukan 35 Pemain Timnas

Bola.com, Bogor - Tim pelatih Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016 menyeleksi 47 pemain yang dibagi dalam dua gelombang. Tahap pertama digelar pada Selasa (9/8/2016) hingga Rabu (10/8/2016) di Stadion Pakansari, Bogor, diikuti 24 pemain. Sementara sisanya mengikuti seleksi gelombang kedua pada 16-18 Agustus.

Pelatih Alfred Riedl mengatakan, setelah melewati seleksi tahap awal, tim pelatih akan menentukan 35 pemain sekitar satu bulan menjelang babak penyisihan grup Piala AFF bergulir. Jumlah tersebut yang akan didaftarkan untuk Piala AFF.

Alfred menjelaskan, lewat seleksi dua tahap ini, tim pelatih tak bisa langsung memutuskan siapa yang lolos, mengingat waktu seleksi hanya tiga kali sesi latihan dalam dua hari.

"Tidak mungkin kami langsung menilai pemain dalam seleksi pertama. Masih banyak pemain yang harus kami pantau di tahap kedua. Setelah itu, kami menyerahkan ke klub dan tetap memantau pemain," kata Alfred.

"Untuk seleksi pertama, kami tidak bisa menilai satu per satu pemain, tidak adil buat mereka karena hanya berlatih dua hari," imbuhnya.

Ia menambahkan, setelah menentukan 35 pemain, skuat inti timnas akan ditetapkan satu hari menjelang keberangkatan ke Filipina untuk menjalani babak penyisihan grup. Indonesia akan menjalani laga pertama babak penyisihan grup A melawan Thailand di Philippine Sports Stadium, Bocaue, Bulacan, Filipina pada 18 November 2016.

Hal itu berarti, Indonesia hanya punya waktu kurang lebih tiga bulan untuk persiapan. Rencananya, akhir September 35 pemain akan menjalani karantina selama enam pekan. Dalam pemusatan latihan itu, tim pelatih baru memberikan menu latihan secara menyeluruh, termasuk latihan fisik, taktik, dan kerja sama.

"Saat kembali ke klub, saya berharap kondisi fisik pemain tetap terjaga dan kami juga tetap memantau setiap pertandingan klub yang pemainnya ada dalam daftar seleksi," tegasnya.

Seleksi gelombang pertama melibatkan 24 pemain. Mereka adalah Evan Dimas, Ahmad Alfarizi, Lerby Eliandry, Septian David Maulana, Ichsan Kurniawan, Syahroni, Achmad Jufrianto, Manahati Lestusen, Ambrizal Umanailo, Irfan Bachdim, Bayu Pradana, Boaz Solossa, Dominggus Fakdawer, Syaiful Indra, Ryuji Utomo, Adam Alis Setyano, Rizki Rizaldi Pora, Andik Rendika Rama, Wanda Syahputra, Zulfiandi, Rahmat Hidayat, Kurnia Meiga, Shahar Ginanjar, dan Dian Agus Prasetyo.

Pada tahap ini, pemain menjalani tiga sesi latihan pada Selasa pagi-sore dan Rabu pagi. 

Video Populer

Foto Populer