Sukses


3 Pemain Terluka di Skuat Timnas Indonesia Bersua Malaysia

Bola.com, Jakarta - Alfred Riedl telah mengumumkan daftar 22 pemain Timnas Indonesia yang akan berlaga dalam uji coba melawan Malaysia pada 6 September 2016 di Stadion Mahanan, Solo. Skuat Tim Merah-Putih terlihat segar dengan deretan pemain muda muka baru.

Dari deretan pemain Tim Merah-Putih terkini menyempil nama 3 pemain terluka. Mereka veteran Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 yang jadi saksi mata kekalahan menyakitkan Tim Garuda dari timnas Malaysia.

Tim Harimau Malaysia jadi juara turnamen elite Asia Tenggara edisi enam tahun silam setelah menggasak Indonesia dengan agregat 4-2.

Pada pertandingan leg pertama yang dihelat di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada 26 Desember 2010 tim asuhan Alfred Riedl kalah telak 0-3 dari Malaysia. Gol kemenangan kubu lawan dicetak Safee Sali (2 gol) dan Mohamad Ashari Bin Samsudin. 

Selanjutnya pada pertemuan kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada 29 Desember 2010 Timnas Indonesia melakukan revans dengan skor 2-1. Gol kemenangan timnas dicetak Muhammad Nasuha dan Muhammad Ridwan. Sementara itu, gol balasan Tim Negeri Jiran dilesakkan Safee Sali. 

Tiga pemain merasakan luka mendalam dengan kegagalan Timnas Indonesia menjadi juara turnamen. Pasalnya, kala itu Tim Garuda diunggulkan bisa jadi kampiun, setelah menggasak Malaysia dengan skor telak 5-1 di penyisihan Grup A yang diselenggarakan di SUGBK pada 1 Desember 2010.

Irfan Bachdim, Beny Wahyudi, serta Kurnia Meiga, jadi bagian skuat Timnas Indonesia kala itu. Mereka ikut berduka dengan kegagalan menyesakkan ini.

Dari ketiga pemain veteran tersebut, Irfan satu-satunya pemain yang tampil di dua leg laga puncak Piala AFF 2010. Irfan yang berduet dengan bomber naturalisasi asal Urguay, Cristian Gonzales, jadi magnet publik sepak bola Indonesia.

Mereka amat produktif mencetak gol. Irfan mencatat dua gol sepanjang turnamen. Di sisi lain Gonzales menyumbang empat gol.

Menariknya, Irfan ikut menjebol gawang Malaysia di fase penyisihan. Penyerang serbabisa blasteran Indonesia-Belanda tersebut mencetak gol kelima Timnas Indonesia. Satu gol lainnya dicetak sang pemain pada laga penyisihan selanjutnya melawan Laos yang dimenangi dengan skor mencolok 6-1.

2 dari 5 halaman

Misi Revans Irfan Bachdim

Irfan Bachdim bertekad tampil habis-habisan saat laga uji coba Timnas Indonesia melawan Malaysia, Selasa (6/8/2016) di Stadion Manahan, Solo.

Menurutnya, pertandingan melawan Malaysia selalu spesial bagi  dirinya. Tak hanya itu, pertandingan melawan skuat besutan Ong Kim Swee selalu melibatkan emosi dan drama. Masyarakat Indonesia pun turut  panas bila kedua tim bertemu.

"Saya sangat senang dipanggil Timnas Indonesia untuk melawan  Malaysia. Bagi saya, melawan Malaysia itu bukan hanya persoalan  pertandingan persahabatan saja. Saya selalu ingin mengalahkan mereka,"  kata Irfan Bachdim kepada Bola.com, Senin (29/8/2016).

Malah, menurut kakak ipar bintang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, tensi dan drama pertandingan Indonesia melawan Malaysia tidak kalah dari pertandingan di La Liga yang melibatkan Barcelona dan Real Madrid dalam duel El
Clasico.

"Saya tidak ingin kehilangan momen dan selalu ingin menang saat  melawan Malaysia. Pertandingan melawan Malaysia selalu istimewa, seperti Barcelona melawan Real Madrid," kata Irfan Bachdim.

3 dari 5 halaman

Duo Arema Hanya Jadi Penonton

Lantas bagaimana dengan Beny Wahyudi dan Kurnia Meiga?

Kedua pemain Arema Cronus enam tahun silam hanya menjadi pemain pelapis. Mereka hanya bisa menyaksikan kekalahan Indonesia dari Malaysia dari kursi bench.

Kurnia Meiga menjadi pelapis seniornya, Markus Horison di bawah mistar Timnas Indonesia.

Sementara itu, Beny Wahyudi jadi cadangan Zulkfli Syukur di sektor bek sayap kanan. Walau tak mencicipi pertandingan hati keduanya ikut sesak. Pasalnya mereka juga amat berharap Indonesia jadi yang terbaik di Piala AFF 2010 sekaligus mengakhiri dahaga panjang gelar juara sejak SEA Games 1991.

Beny Wahyudi sendiri mengaku kaget mendengar kabar kalau namanya masuk deretan pemain Timnas Indonesia yang akan menjajal kekuatan Harimau Malaysia dalam uji coba yang dihelat di Stadion Manahan, Solo pada Selasa (6/9/2016).

"Alhamdulillah. Tapi saya sekarang belum tahu apa-apa sebenarnya. Timnas maupun klub belum memberi informasi," kata pemain 30 tahun itu.

Meski kaget, Beny mengaku senang kembali masuk timnas senior.  Sekalipun panggilan ini sifatnya juga untuk seleksi persiapan Indonesia  menuju Piala AFF 2016. "Terakhir kali saya masuk timnas waktu era  Jacksen F Tiago pada tahun 2013. Berapa tahun ini, ya," lanjutnya.

Di Tim Merah-Putih, Beny memiliki 10 cap. Ia pun berharap kali ini bisa dapat kesempatan jadi pemain inti Tim Garuda saat melawan Malaysia.

Di sisi lain, Kurnia Meiga kemungkinan besar bakal jadi penjaga gawang utama. Posisi itu sudah dinikmati sejak 2013 silam, setelah sebelumnya menjadi pilihan utama di Timnas Indonesia U-23 SEA Games 2011 dan 2013. Di dua ajang itu Tim Garuda Muda sukses menembus final.
 

4 dari 5 halaman

Skuat Timnas Indonesia Kontra Malaysia

Berikut ini daftar 22 pemain yang dipanggil menjalani duel persahabatan Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia:

Kiper: Kurnia Meiga (Arema Cronus), Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Dian Agus Prasetyo (Pusamania Borneo FC)

Belakang: Beny Wahyudi (Arema Cronus), Indra Kahfi (Bhayangkara Surabaya United), Hansamu Yama Pranata (Barito Putera), Dedi Gusmawan (Zeyar Shwe Myay), Rudolof Yanto Basna (Persib Bandung), Fachrudin Wahyudi Aryanto (Sriwijaya FC), Abdul Rahman (Persiba Balikpapan), Abduh Lestaluhu (PS TNI)

Tengah: Andik Vermansah (Selangor FA), Evan Dimas (Bhayangkara Surabaya United), Ichsan Kurniawan (Sriwijaya FC), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Adam Alis (Barito Putera), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Irsyad Maulana (Semen Padang)

Depan: Boaz Solossa (Persipura Jayapura), Irfan Bachdim (Hokkaido Consadole Sapporo), Zulham Zamrun (Persib), Lerby Eliandry Pong Baru (Pusamania Borneo FC) 

5 dari 5 halaman

Jadwal Lengkap Piala AFF 2016

Langkah Timnas Indonesia menuju final Piala AFF 2016 amat terjal. Tim Garuda sudah dihadang tim-tim kuat di fase penyisihan. Luar biasa jika tim asuhan Alfred Riedl bisa lolos dari lubang jarum.

Jadwal Piala AFF 2016: 19 November-17 Desember

Grup A: Filipina, Thailand, Singapura, Indonesia

Jadwal Pertandingan:

19 November: Thailand Vs Indonesia, Filipina Vs Singapura

22 November: Thailand Vs Singapura, Indonesia Vs Filipina

25 November: Singapura Vs Indonesia, Filipina Vs Thailand

Grup B: Myanmar, Malaysia, Vietnam, Pemenang Kualifikasi

Jadwal Pertandingan

20 November: Malaysia Vs Pemenang Kualifikasi, Myanmar Vs Vietnam

23 November: Malaysia Vs Vietnam, Pemenang Kualifikasi Vs Myanmar

26 November: Vietnam Vs Pemenang Kualifikasi, Myanmar Vs Malaysia

Semifinal:

Leg I

3 Desember: Runner-up Grup A Vs Juara Grup B

4 Desember: Runner-up Grup B  Vs Juara Grup A

Leg II

7 Desember: Juara Grup B Vs Runner-up Grup A

8 Desember: Juara Grup A Vs Runner-up Grup B

Final

Leg I (14 Desember)

Leg II (17 Desember)

 

Video Populer

Foto Populer