Sukses


Daftar 22 Pemain Timnas Indonesia untuk Hadapi Malaysia

Bola.com, Jakarta - Pada Senin (29/8/2016), pelatih Timnas Indonesia melalui PSSI mengumumkan para pemain yang dipanggil untuk menjalani laga persahabatan internasional kontra Malaysia di Stadion Manahan, Solo, 6 September 2016.

Ada 22 pemain yang dipanggil. Jumlah itu lebih sedikit ketimbang tim lawan, Malaysia, yang menyiapkan 24 pemain.

Dari daftar yang diterima Bola.com, ada beberapa kejutan. Semisal, ditepikannya I Made Wirawan yang dalam beberapa tahun terakhir jadi andalan di bawah mistar gawang Indonesia.

Ada pula debutan seperti Indra Kahfi (Surabaya United), Abdul Rahman (Persiba Balikpapan), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Lerby Eliandry Pong Baru (Pusamania Borneo FC), dan Irsyad Maulana (Semen Padang).

Kejutan paling besar terlihat dengan hadirnya Dedi Gusmawan dalam daftar. Tidak terlalu sering mendapat pemberitaan lantaran ia berkiprah bersama Zeyar Shwe Myay di Liga Myanmar, pemain 30 tahun itu tidak lepas dari pengamatan Alfred.

Dedi bahkan tidak mendapat panggilan menjalani seleksi dalam dua gelombang yang digelar Alfred pada medio Agustus ini.

Eks pemain Mitra Kukar itu melengkapi deretan pemain Indonesia yang tampil bersama klub di luar negeri lain, yakni Andik Vermansah dan Irfan Bachdim. Keduanya juga turut dipanggil Alfred.

Dari daftar ini pula bisa dilihat bila Alfred memenuhi janjinya untuk lebih banyak memberikan slot pada pemain muda. Ada beberapa jebolan Timnas U-19 yang berhasil lolos seleksi. Evan Dimas, Ichsan Kurniawan, Hansamu Yama, dan Septian David Maulana jadi beberapa di antaranya.

Wakil Ketua Umum PSSI, Erwin Dwi Budiawan, menegaskan nama-nama itu disetorkan Alfred kepada PSSI setelah mencermati penampilan mereka dalam seleksi yang sudah dilakukan serta melihat perkembangan terkini.

Erwin juga mengharapkan duel kontra Malaysia bisa jadi momentum kebangkitan Timnas Indonesia setelah vakum lebih dari setahun lamanya. "Doa dan dukungan dari masyarakat kami harapan demi raihan prestasi timnas di Piala AFF," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Daftar 22 pemain

Sementara itu, asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, mengungkapkan bila 22 pemain yang dipanggil bukan skuat final. Artinya, pemain yang tidak dipanggil kali ini masih memiliki kesempatan membela Tim Merah-Putih, karena keluar-masuk pemain masih akan diberlakukan hingga training camp pada bulan Oktober nanti.

"Target uji coba nanti, kami ingin melihat pemain terbaik di setiap posisi untuk mendapatkan komposisi terbaik. Kami juga ingin mulai menyatukan visi dalam permainan," beber Pikal.

Indra Kahfi Ardhiyaksa dipanggil Timnas Indonesia untuk laga uji coba kontra Malaysia. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Jelang uji coba kontra Malaysia itu, Timnas Indonesia hanya mengagendakan latihan singkat, satu hingga dua kali latihan, mengingat padatnya jadwal turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Berikut ini daftar 22 pemain yang dipanggil menjalani duel persahabatan Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia:

Kiper: Kurnia Meiga (Arema), Andritany Ardhiyasa (Persija), Dian Agus Prasetyo (Pusamania Borneo FC)

Belakang: Beny Wahyudi (Arema), Indra Kahfi (Bhayangkara Surabaya United), Hansamu Yama Pranata (Barito Putera), Dedi Gusmawan (Zeyar Shwe Myay), Rudolof Yanto Basna (Persib), Fachrudin Wahyudi Aryanto (Sriwijaya FC), Abdul Rahman (Persiba Balikpapan), Abduh Lestaluhu (PS TNI)

Tengah: Andik Vermansah (Selangor FA), Evan Dimas (Bhayangkara Surabaya United), Ichsan Kurniawan (Sriwijaya FC), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Adam Alis (Barito Putera), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Irsyad Maulana (Semen Padang)

Depan: Boaz Solossa (Persipura), Irfan Bachdim (Hokkaido Consadole Sapporo), Zulham Zamrun (Persib), Lerby Eliandry Pong Baru (Pusamania Borneo FC)

Video Populer

Foto Populer