Sukses


Pemain Timnas Singapura Punya Misi Lain di Piala AFF 2016

Bola.com, Singapura - Para pemain yang tergabung di Timnas Singapura proyeksi Piala AFF 2016 punya misi lain di samping mengamankan target lolos ke semifinal seperti yang dibebankan pada mereka. Misi itu adalah tampil cemerlang demi memikat klub-klub Thailand.

Seperti diketahui, pada Jumat (16/9/2016), Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) menetapkan kebijakan baru terkait kuota pemain asing untuk musim depan seperti proposal yang diajukan pengelola Liga Thailand.

Dalam kebijakan kuota baru itu, mulai musim depan setiap klub di Thailand berhak mengontrak lima pemain asing dengan ketentuan dua di antaranya masing-masing harus berasal dari Benua Asia dan wilayah ASEAN.

Kebijakan ini diterapkan pada kontestan liga tertinggi Thailand, Thai Premier League, maupun klub peserta kompetisi kasta kedua (Divisi Utama).

Musim lalu, klub profesional di Thailand diperbolehkan mengontrak lima pemain asing, namun hanya satu di antaranya yang berasal dari Benua Asia.

Hanya, kebijakan itu masih akan diuji coba pada 2017 sehingga untuk musim depan, klub tidak diwajibkan menaati regulasi itu. Baru pada 2018 kebijakan tiga pemain non-Asia, satu pemain Asia, dan satu pemain ASEAN itu diterapkan secara wajib ke seluruh klub peserta TPL dan Divisi Utama.

2 dari 2 halaman

Respons pemain nasional Singapura

Para pemain Singapura merespons kebijakan anyar kompetisi di Thailand itu. Seperti dilansir dari Today, Senin (19/9/2016), beberapa pemain nasional Singapura menyatakan tertarik mencicipi atmosfer Liga Thailand, yang disebut-sebut jadi yang paling elite di pentas ASEAN.

"Sangat bagus bila kami bisa bermain di Thailand karena standar sepak bola mereka selalu lebih baik tiap tahunnya. Anda bisa melihat bagaimana bagusnya timnas mereka sekarang dan banyak dari mereka yang tampil di Thai Premier League. Praktis, kualitas liga mereka sangat tinggi," ungkap Madhu Mohana, bek timnas Singapura.

"Jadi, bila kami mampu bermain dengan salah satu klub di liga Thailand, saya yakin Singapura bisa belajar banyak dari mereka dan memperbaiki kualitas individu pemain. Secara khusus, mereka menyenangi bermain dengan tempo cepat dan sentuhan satu-dua. Pemain harus nyaman bermain dengan gaya itu bila ingin sepak bola Singapura berkembang," imbuh Madhu.

Sama seperti rekannya, M. Anumanthan meyakini bila Piala AFF 2016 bakal jadi etalase para pemain untuk mempertontonkan kualitasnya pada klub-klub Thailand.

"Sebagai pemain, saya punya mimpi bermain di luar negeri. Bila kesempatan untuk bermain di Thailand datang, tentu saya akan senang memanfaatkannya. Tapi, tidak hanya saya. Saya yakin para pemain di regional ASEAN juga ingin mencoba peruntungan di Thailand," timpal pemain 22 tahun ini.

"Piala AFF ini akan jadi sarana bagus untuk memperlihatkan kemampuan kami pada klub Thailand. Itu akan meningkatkan nilai jual dan memberi kami motivasi lebih untuk bekerja lebih keras lagi di Piala AFF," kata Anumanthan.

Sejauh ini pemain Singapura yang berkiprah di Thailand hanyalah Hassan Sunny. Kiper senior timnas Singapura tergabung bersama klub Army United. Sementara musim ini Indonesia diwakili pemain naturalisasi Victor Igbonefo yang bermain di Navy FC.

 

Video Populer

Foto Populer