Sukses


Timnas Filipina Bidik Misi Khusus saat Jajal Bahrain dan Korut

Bola.com, Manila - Jeda internasional sesuai kalender FIFA dimanfatkan mayoritas tim nasional untuk menggelar laga persahabatan atau beruji coba. Begitu pula dengan timnas Filipina yang bersiap menuju Piala AFF 2016.

Timnas Filipina proyeksi Piala AFF 2016 dijadwalkan beruji coba melawan Bahrain pada Jumat (7/10/2016) serta Korea Utara (11/10/2016). Dua uji coba ini digelar di Rizal Memorial Stadium, Manila.

Pelatih timnas Filipina, Thomas Dooley, mengungkapkan ia membidik kemenangan kendati laga ini hanya bersifat uji coba.

"Setiap kemenangan penting untuk percaya diri. Kami butuh bertanding melawan tim kuat meski ada kemungkinan kami kalah," kata Dooley seperti dikutip di Manila Times.

Pelatih asal Amerika Serikat menegaskan harus membiasakan timnya menghadapi tim dengan peringkat lebih tinggi untuk menguji kekuatan dalam persiapan turnamen yang lebih besar serta membantu The Azkals mencapai ranking yang lebih tinggi di FIFA.

"Kami akan mencermati secara individu saat pertandingan, bagian apa yang harus dipertahankan dan yang mana yang harus diperbaiki atau apakah kami memerlukan solusi lebih baik untuk kekurangan itu," ujar pelatih 54 tahun itu.

Hal ini sekaligus jadi penegasan bila ranking FIFA yang saat dimiliki Philip Younghusband dkk., yakni di ranking ke-125 per September 2016, masih belum memuaskan. Meski, ranking itu jadi yang tertinggi di antara negara lain di regional ASEAN.

"Saya gembira dengan hal itu. Semestinya hal ini membuat kami lebih bersemangat, tetapi kunci utamanya adalah kami harus senantiasa berkonsentrasi 100 persen dan fit," imbuhnya.

Soal calon lawan uji coba, Timnas Filipina sudah pernah berhadapan dengan Bahrain. Terakhir mereka bersua pada 13 Oktober 2015 pada kualifikasi Piala Dunia 2018 sekaligus Piala Asia 2019. The Azkals kalah 0-2.

Sementara pertemuan terakhir dengan Korea Utara terjadi pada 29 Maret 2016 dengan hasil
kemenangan 3-2 juga pada kualifikasi Piala Dunia 2018 sekaligus Piala Asia 2019.

Selain dua uji coba itu, Timnas Filipina sudah menjadwalkan laga persahabatan lain, yakni melawan Kirgizstan, pada 9 November 2016. Pada pertemuan pertama di Bishkek, Kirgizstan (6/9/2016), The Azkals menang 2-1.

 

 

Video Populer

Foto Populer