Sukses


Zulham Zamrun Buka Rahasia soal Gol Indah ala Cristiano Ronaldo

Bola.com, Sleman - Sosok Zulham Malik Zamrun membuat takjub puluhan ribu penonton yang memadati Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Minggu (9/10/2016) setelah mencetak gol jarak jauh melalui tendangan bebas. Gol yang dicetak Zulham merupakan gol pertama dari dua gol yang diciptakan Timnas Indonesia saat menjamu Vietnam. Satu gol lainnya dilesakkan Irfan Bachdim. Skor pertandingan sendiri berkesudahan 2-2.

Zulham Zamrun mengungkapkan kebahagiaanya setelah mencetak gol indah tersebut. Apakah pemain pengidola Cristiano Ronaldo itu melakukan persiapan khusus, sehingga eksekusi tendangan bebasnya terarah menghujam gawan lawan mirip dengan apa yang diciptakan idolannya?

"Tidak ada ritual khusus untuk bisa mencetak gol. Saya hanya berlatih dengan keras, istirahat yang cukup serta berdoa. Tidak ada  hal lain yang saya lakukan. Kalau cukup istirahat tentu kita akan fit saat bertanding," tutur Zulham kepada Bola.com pada Senin (10/10/2016).

"Saya bangga bisa mempersembahkan gol untuk Indonesia meski tak berhasil memberikan kemenangan. Saya selalu ingin mencetak gol di setiap pertandingan bersama Tim Merah-Putih. Tapi, baru pertandingan ini saya bisa menyumbang gol buat Tim Garuda. Alhamdullilah, senang rasanya," timpalnya lagi.

Menyoal latihan khusus mengeksekusi bola mati, ia mengaku selalu rutin berlatih tendangan bebas jarak jauh, baik di level klub atau Timnas Indonesia. Hal itu dilakukan agar sepakannya terukur mengarah ke gawang dan menghasilkan gol.

"Setiap latihan bersama klub, saya selalu menambah latihan sendiri. Di Timnas Indonesia juga sendiri. Salah satu menu latihan tambahan adalah eksekusi tendangan jarak jauh. Jika tidak diasah tentu tidak mudah bagi saya mengarahkan bola ke area gawang," kata Zulham.

Zulham terus mendapat kepercayaan dari Alfred Riedl sebagai pemain inti Tim Garuda. Mencetak gol bagi Timnas bukan hanya membuatnya bahagia, tapi juga sebagai tolak ukur sampai sejauh mana pola latihan yang ia lakukan berefek pada penampilan di lapangan.

"Tidak ada yang paling membahagiakan selain mencetak gol buat Timnas Indonesia, karena membawa nama negara. Akan tetapi saya tidak ingin cepat berpuas diri. Saya ingin membawa Timnas Indonesia berprestasi saat berlaga di Piala AFF 2016 nanti," ucap penyerang sayap kelahiran Ternate, 19 Februari 1988 tersebut. 

 

Video Populer

Foto Populer