Sukses


Pelatnas Timnas Indonesia Piala AFF Tak Bisa Digelar di Karawaci

Bola.com, Jakarta - Alfred Riedl kembali mengumpulkan pemain Timnas Indonesia untuk menjalani pelatnas persiapan Piala AFF 2016 pada 20 Oktober hingga 2 November. PSSI memilih Sleman sebagai lokasi menempa pemain Tim Merah-Putih. Bukan Karawaci, Tangerang, seperti yang diinginkan oleh sang pelatih.

Sekjen PSSI, Azwan Karim, mengonfirmasi akan ada 40 pemain yang dipanggil oleh PSSI untuk mengikuti pemusatan latihan keenam Timnas Indonesia dalam persiapan menuju Piala AFF 2016.

Rencananya pemusatan latihan akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Timnas Indonesia sendiri akan menjalani pemusatan latihan keenam jelang Piala AFF 2016 mulai 20 Oktober 2016. Sebanyak 40 pemain yang diinginkan oleh Alfred Riedl akan dipanggil olehPSSI untuk mengikuti training centre itu pada Sabtu (15/10/2016)

"Kami akan panggil 40 pemain untuk training centre kali ini. 40 pemain itu permintaan dari Alfred Riedl dan akan diumumkan pada 15 Oktober," ujar Sekjen PSSI, Azwan Karim, di kawasan Rasuna, Jakarta, Kamis (13/10/2016) malam.

Mengenai tempat pelaksanaan pemusatan latihan, Stadion Maguwoharjo, Sleman sejauh ini menjadi pilihan yang  paling mungkin. PSSI agak kesulitan mengurus perizinan Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, yang memang sejak awal diminta oleh Alfred Riedl sebagai lokasi pemusatan latihan.

Saat menukangi Tim Garuda di Piala AFF 2014 lalu arsitek asal Austria itu memakai lapangan tersebut. Selain kondisi rumputnya yang bagus, para pemain bisa menjalani latihan fitnes yang juga terletak di lokasi sekolah Pelita Harapan.

"Coach Alfred Riedl memang mau di Karawaci, tapi pada saat pelatnas lapangan tersebut dipakai beraktivitas oleh pemilik dan pengelolanya. Akhirnya kami memilih Sleman, yang kebetulan tidak terpakai saat jadwal pelatnas berlangsung," ujar Azwan.

2 dari 2 halaman

Stefano Lilipaly Masih Gelap

Azwan juga mengungkapkan kalau rencana Alfred Riedl mengundang gelandang serang naturalisasi, Stefano Lilipaly, ikut pelatnas Piala AFF 2016 prosesnya masih tanda tanya. PSSI telah melayangkan surat pemanggilan sang pemain ke klub SC Telstar pada awal pekan ini.

Namun, belum ada respons SC Telstar. Seperti halnya Andik Vermansah yang berkiprah di Liga Malaysia, Selangor FA, yang tak bisa leluasa mudik ke Indonesia ikut pelatnas, demikian pula dengan Stefano Lilipaly. Kompetisi Divisi II Belanda tengah berjalan, tenaga sang pemain amat dibutuhkan klubnya.

Di sisi lain PSSI tidak bisa memaksa, karena agenda pelatnas berlangsung tidak pada kalender pertandingan FIFA. Klub punya opsi menolak.

"Soal Stefano Lilipaly kami sudah kirimkan surat. Namun, kami belum bisa bilang  apa-apa karena belum ada tanggapan dari klubnya," ujar Azwan.

Sebelumnya asisten pelatih Tim Merah-Putih, Wolgang Pikal, menyatakan ketertarikan Alfred Riedl memberdayakan tenaga Stefano Lilipaly. Tim Garuda butuh pemain tambahan di posisi gelandang serang.

Saat ini Timnas Indonesia hanya memiliki Evan Dimas seorang. Tambahan Stefano Lilipaly jelas akan sangat membantu. Dengan bekal pengalamannya mengarungi kompetisi Eropa dan Jepang ia bahkan amat mungkin menggeser posisi Evan yang di dua laga uji coba Timnas Indonesia melawan Malaysia dan Vietnam jadi andalan sebagai playmaker.

"Coach Alfred ingin memberikan kesempatan kepada Stefano Lilipaly untuk unjuk kemampuan di seleksi Timnas Indonesia. Tapi tentu saja upaya mendatangkannya tidak mudah karena ia sedang menjalani laga-laga padat kompetisi bersama klubnya," ungkap Pikal.

Video Populer

Foto Populer