Sukses


Wanderley - Al Nasr Dihukum Berat Akibat Paspor Indonesia Palsu

Bola.com, Kuala Lumpur - Klub Uni Emirat Arab, Al Nasr dan sang pemain, Wanderley Santos dijatuhi sanksi berat setelah dinyatakan bersalah oleh Komite Disiplin (Komdis) AFC terkait kasus paspor Indonesia palsu milik pemain asal Brasil tersebut.

Dalam keputusannya usai sidang di Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu (9/11/2016), Komdis AFC menjatuhkan denda 50 ribu dolar atau setara Rp 666.500 juta, diminta mengembalikan uang hadiah dari partisipasi di Liga Champions Asia senilai 340 ribu dolar (Rp 4.534 miliar ), dan tidak bisa berpartisipasi di Liga Champions Asia 2018.

Hukuman berat juga harus diterima Wanderley karena dinilai bersekongkol dengan pihak klub untuk mengakali aturan 3 pemain asing non-Asia dan 1 pemain Asia di Liga Champions Asia. Striker berusia 28 tahun dilarang aktif di sepak bola selama 3 bulan dan dijatuhi denda 10 ribu dolar atau setara Rp 133 juta.

"Komdis AFC menyimpulkan bahwa Al Nasr menanggung mayoritas dari kesalahan karena sengaja memperoleh paspor Indonesia dengan tujuan menghindari aturan 3+1, dan pemain yang bersangkutan juga tidak jujur kepada AFC," bunyi pernyataan dari Komdis AFC.

"Komdis AFC juga menemukan bahwa Wanderley ikut bersalah karena setuju didaftarkan sebagai pemain asal Indonesia tapi bukan merupakan seorang warga negara Indonesia."

Sebelumnya, Wanderley lebih dahulu mendapatkan sanksi larangan bermain di pentas sepak bola Asia selama 60 hari. Sanksi itu diberikan Komdis AFC sebagai langkah lanjutan untuk melakukan investigasi atas status kewarganegaraan sang pemain yang menuai keraguan.

Sosok mantan pemain Flamengo itu menjadi sorotan setelah menyandang gelar Player of the Week dari AFC di pentas Liga Champions Asia usai mencetak dua dari tiga gol kemenangan Al Nasr saat meladeni klub Qatar, El Jaish pada leg pertama perempat final Liga Champions Asia.

Namun, kemenangan telak itu dibatalkan dan Komdis AFC akhirnya memberikan kemenangan 3-0 untuk El Jaish karena Al Nasr menurunkan Wanderley, yang diketahui memakai paspor Indonesia palsu. 

Pada leg kedua, El Jaish berhasil menang dengan skor tipis 1-0 atas Al Nasr yang tidak diperkuat Wanderley. El Jaish pun melenggang ke semifinal berkat kemenangan dengan skor agregat 4-0.

 

Video Populer

Foto Populer