Sukses


Disanksi AFC, Pemalsu Paspor Indonesia Wanderley Aman di Al Nasr

Bola.com, Dubai - Klub Uni Emirat Arab (UEA), Al Nasr, tampaknya sangat membutuhkan tenaga Wanderley Santos. Terbukti, sekalipun penyerang asal Brasil itu melakukan pemalsuan dokumen penting, yakni paspor Indonesia, Al Nasr tidak membuang Wanderley.

Bahkan, setelah keputusan akhir diambil dan sanksi dijatuhkan AFC pada Wanderley Santos terkait paspor Indonesia palsu itu, Al Nasr setia menunggu kembalinya Wanderley ke tim.

Seperti termuat di situs resmi AFC, Jumat (11/11/2016), Komdis AFC menjatuhkan sanksi larangan bermain selama tiga bulan serta denda 10 ribu dolar AS kepada Wanderley Santos.

Sementara Al Nasr dijatuhi hukuman lebih berat, yakni denda 50 ribu dolar )etara Rp 666.500 juta), diminta mengembalikan uang hadiah dari partisipasi di Liga Champions Asia senilai 340 ribu dolar (Rp 4,5 miliar ), dan tidak bisa berpartisipasi di Liga Champions Asia 2018.

Meski begitu, Al Nasr bergeming dengan mempertahankan Wanderley Santos dalam skuatnya. Seperti dilansir dari The National, Jumat (11/11/2016), Al Nasr akan menanti penyerang 26 tahun itu menyelesaikan masa hukumannya.

Apalagi, bila mengacu pada masa skorsing yang mulai diberlakukan pada 2 September 2016, artinya masa hukuman tiga bulan itu akan berakhir pada awal bulan depan. 

Bahkan, sambutan berupa foto sang pemain dengan tulisan "Welcome Back" atau selamat datang lagi sudah dirilis klub untuk menyambut kedatangan kembali Wanderley.

Hanya, kemungkinan besar mantan striker Flamengo itu tidak akan langsung bermain karena statusnya saat ini belum didaftarkan Al Nasr. Klub yang berbasis di Dubai itu sudah mencoret namanya dan menggantikan posisinya dengan penyerang muda asal Irak, 
Mohannad Abdulraheem, yang mencuri perhatian berkat empat golnya ke gawang Thailand pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 (11/10/2016).

Saat ini Al Nasr sudah menghabiskan jatah kuota pemain asing, yakni 3+1. Namun, kemungkinan saat jendela transfer dibuka pada akhir bulan depan, Wanderley akan kembali didaftarkan dengan status pemain non-Asia. Imbasnya, satu dari tiga pemain non-Asia yang ada saat ini akan dicoret.

Kemungkinan besar penyerang asal Prancis, Jires Kembo Ekoko, yang akan didepak. Dua pemain non-Asia lainnya, yakni Jonathan Pitroipa dan Abdelaziz Barrada, akan aman.

Saat ini Al Nasr dilatih mantan pemain timnas Rumania dan Chelsea, Dan Petrescu, yang menggantikan posisi Ivan Jovanovic yang dipecat gara-gara dianggap gagal memenuhi target di Liga Champions Asia musim ini.

Selepas kemenangan 3-0 di perempatfinal leg pertama dibatalkan AFC imbas pemakaian Wanderley Santos yang berpaspor palsu, Al Nasr gagal bangkit di leg kedua. Langkah mereka pun terhenti di perempatfinal lantaran tumbang 0-1 di kandang sendiri pada leg kedua.

 

Video Populer

Foto Populer