Sukses


2 Kali Blunder, Yanto Basna Sempat Jadi Sorotan Netizen

Bola.com, Bocaue - Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, menjadi sorotan netizen pencinta sepak bola Indonesia. Dua gol yang dicetak Timnas Thailand ke gawang Indonesia di babak pertama pertandingan perdana Grup A Piala AFF 2016, Sabtu (19/11/2016), terjadi karena kesalahan yang dilakukan oleh Yanto Basna saat membuang bola.

Thailand langsung unggul 2-0 pada babak pertama di Philippine Sport Stadium, Bocaue, Bulacan. Gol pertama Thailand tercipta pada menit keempat melalui sepakan keras pemain sayap Thailand, Peerapat Notchaiya. Kemudian gawang Kurnia Meiga kembali bobol oleh Teerasil Dangda pada menit ke-36. Dalam dua gol yang diraih Thailand itu, semua berawal dari kesalahan Yanto Basna.

Kesalahan Yanto Basna itu pun membuat namanya langsung meroket di media sosial Twitter. Namanya masuk di posisi kedua trending topic Indonesia usai babak pertama pertandingan berakhir. Sejumlah komentar pedas diberikan netizen terhadap Yanto, antara lain meminta Alfred Riedl untuk menggantinya dengan Gunawan Dwi Cahyo atau menganggap eks pemain Timnas U-19 itu demam panggung.

Namun, tidak semua langsung menghujatnya. Ada sejumlah netizen yang tidak mencibirnya dan menjelaskan bahwa Yanto Basna sebenarnya merupakan bek kanan, bukan bek tengah seperti yang dipercayakan oleh Alfred Riedl kepadanya di Tim Garuda.

"Yanto Basna memang sejak di Persib dibiasakan main bek kanan, jadi feeling stoppernya menurun. Tetap semangat Garuda!!," kicau akun @ibnuhajar14.

Dalam proses gol pertama, Yanto sempat gagal menendang bola yang membuat pemain Thailand mendapatkan bola. Bek Persib Bandung itu kemudian berusaha untuk memperbaiki kesalahannya dengan membuang bola yang masih dalam jangkauannya. Sayang, bola yang dibuang itu justru jatuh di depan Peerapat Notchaiya yang melepaskan tembakan keras ke tiang jauh gawang Indonesia.

Untuk gol kedua Thailand, Yanto Basna sebenarnya melakukan pergerakan yang tepat dengan menghentikan bola di depan gawang. Sayangnya, antisipasinya itu tidak terlalu baik sehingga bola bisa disontek dengan mudah oleh Teerasil Dangda yang juga berada di dekatnya. Hingga babak pertama berakhir, Indonesia masih tertinggal 0-2 dari Thailand.

Beruntung Timnas Indonesia bangkit di babak kedua. Dua striker Tim Garuda, Boaz Solossa dan Lerby Eliandry, menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dalam waktu tiga menit. Boaz mencetak gol melalui tandukan pada menit ke-53 setelah memaksimalkan umpan silang Rizky Ripora dari sisi kiri. Sementara itu, Lerby juga mencetak gol dengan tandukan setelah menerima umpan silang dari Beny Wahyudi dari sisi kanan.

Namun, pada akhirnya Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand yang berhasil menambah dua gol melalui Teerasil Dangda pada menit ke-79 dan masa injury time. Hattrick Teerasil Dangda pun membuat Tim Garuda harus menyerah 2-4 di pertandingan perdana Piala AFF 2016.

Video Populer

Foto Populer