Sukses


Mengintip Metode Latihan Thailand Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Bola.com, Bogor - Thailand melakukan sesi latihan tertutup di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Sentul, Senin (12/12/2016). Tim asuhan Kiatisuk Senamuang itu berlatih dengan metode yang sederhana, tapi sangat efektif untuk menghadapi Timnas Indonesia.

Timnas Thailand akan menghadapi Timnas Indonesia di leg pertama final Piala AFF 2016 pada Rabu (14/12/2016) di Stadion Pakansari, Cibinong. Sejak tiba di Indonesia pada Minggu (11/12/2016), Thailand sudah dua kali berlatih.

Meski melakukan sesi latihan tertutup dari media yang datang meliput pada Senin (12/12/2016) sore, Bola.com berhasil mengamati metode latihan sederhana yang diterapkan Kiatisuk Senamuang untuk para pemainnya.

Setelah melakukan serangkaian pemanasan, Teerasil Dangda dkk. hanya berlatih dengan satu jenis metode latihan yang berfungsi untuk mempersiapkan sejumlah aspek permainan tim.

Dimulai dengan clearance langsung yang dilakukan pemain bertahan Thailand ke tengah lapangan setelah bola masuk ke area pertahanan, para pemain bertahan ini kemudian harus menghadapi serangan cepat lini serang.

Metode latihan ini dilakukan dengan beberapa tahap. Kiatisuk Senamuang memulainya dengan menempatkan satu pemain bertahan yang melakukan clearance dan harus menghadapi serangan cepat dua pemain depan.

Latihan ini terus ditingkatkan dengan dua pemain belakang menghadapi tiga pemain depan hingga akhirnya lima pemain bertahan, termasuk gelandang bertahan, menghadapi serbuan enam penyerang.

Seperti yang diungkapkan Kiatisuk, Thailand sangat tidak meremehkan Timnas Indonesia. Apalagi, hanya Indonesia yang mampu menjebol gawang Thailand selama Piala AFF 2016 dari babak penyisihan grup hingga semifinal.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Mengurung pertahanan

Dari satu metode latihan yang dilakukan Thailand terlihat jelas bagaimana mereka mempersiapkan diri dari sejumlah aspek.

Dari sisi pertahanan mereka menerapkan bagaimana lepas dari tekanan dengan clearance yang tepat dan mengatasi serangan cepat pemain lawan yang jumlahnya lebih banyak. Kiatisuk juga mengoptimalkan lini depan untuk mengurung pertahanan lawan dan menyelesaikan serangan dengan cepat.

Mengenai latihan yang diterapkan oleh Kiatisuk Senamuang dalam persiapan jelang leg pertama final Piala AFF 2016 kontra Indonesia, salah satu bintang Timnas Thailand, Charyl Chappuis, mengungkapkan tak ada persiapan khusus untuk menghadapi Timnas Indonesia dan Thailand hanya akan bermain dengan gaya permainan yang memang biasa diterapkan.

"Anda tahu bagaimana gaya bermain sepak bola kami, jadi anda bisa tahu sendiri bagaimana kami akan bermain. Itu cara kami bermain sepak bola, kami hanya fokus dengan cara kami bermain, itu saja," ujar Charyl Chappuis seusai sesi latihan di Sekolah Pelita Harapan, Sentul, Senin (12/12/2016).

Thailand akan berusaha meraih kemenangan dalam leg pertama final Piala AFF 2016 demi mendapatkan modal yang lebih baik di leg kedua. Thailand akan menjamu Timnas Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada Sabtu (17/12/2016). Kedua tim sudah sempat bertemu di pertandingan perdana Piala AFF 2016. Thailand menang 4-2 atas Indonesia di pertandingan yang digelar di Philippine Sport Stadium itu.

Video Populer

Foto Populer