Sukses


4 Kali Juara Piala AFF, Apalagi yang Dicari Kiatisuk Senamuang?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, merupakan figur legenda buat sepak bola Thailand. Pria berusia 43 tahun itu punya koleksi gelar yang mengkilap.

Sebagai pemain, Kiatisuk meraih gelar juara Piala Tiger (kini bernama Piala AFF) bersama Timnas Thailand sebanyak tiga kali. Gelar-gelar itu diraih pada Piala Tiger 1996, 2000, dan 2002.

Sementara sebagai pelatih, pria yang akrab disapa dengan nama Zico itu mengantar Timnas Thailand meraih gelar juara Piala AFF 2014. Kini di Piala AFF 2016, Kiatisuk menatap final kedua sebagai pelatih.

Timnas Thailand akan berlaga menghadapi Indonesia pada leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Kab. Bogor, Rabu (14/12/2016). Sementara leg kedua akan dimainkan di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016).

Setelah meraih empat gelar juara, apalagi yang masih dikejar Kiatisuk?

"Buat pelatih, selalu ada ruang untuk berkembang. Setiap pertandingan menjadi pelajaran baru. Saya menikmati hal tersebut," ujar Kiatisuk Senamuang.

Pria yang membela Timnas Thailand di rentang tahun 1992-2007 itu tak memungkiri ada rasa puas jika gelar juara berhasil direngkuh. Hal tersebut yang membuat dirinya tetap bersemangat untuk mengejar trofi, termasuk Piala AFF.

"Rasa bangga dan puas akan tetap terasa meskipun saya sudah pernah meraih gelar juara. Itu yang membuat saya tetap bersemangat," kata Kiatisuk.

Selain Piala Tiger, sebagai pemain Kiatisuk Senamuang pernah merasakan gelar SEA Games (4), Piala Raja (3) dan Piala Kemerdekaan (1). Sementara sebagai pelatih, ia mengantar Timnas Thailand menjadi juara Piala AFF dan SEA Games sebanyak satu kali.

Video Populer

Foto Populer