Sukses


Mantan Bek Timnas Kenang Duel Klasik Thailand Vs Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mantan bek Timnas Indonesia, Eko Purjianto mengenang duel klasik Indonesia versus Thailand pada final Piala AFF 2000 (Piala Tiger). Thailand yang menjadi juara untuk kedua kali memenangi laga final dengan skor telak 4-1, 18 November 2000 di Stadion Rajamangala, Bangkok.

"Saya salah satu bek yang ditugasi menjaga Kiatisuk Senamuang," kata Eko yang kini menjadi asisten Indra Sjafri di Bali United.

Eko Purjianto lalu mengunggah foto klasik duel tersebut, di mana dia sedang berusaha menghentikan pergerakan Kiatisuk dengan cara menarik kaus Kiatisuk.

"Ya, pada era dulu Kiatisuk memang jadi ancaman bek-bek," ucapnya.

Thailand dan Indonesia pada waktu itu memang menjadi tim yang diunggulkan untuk bertemu di final. Perjalanan Timnas Indonesia pada waktu itu mirip dengan sekarang, yakni bertemu Thailand di fase grup. 

Pada Piala Tiger 2000, Thailand mengalahkan Indonesia 4-1 pada laga babak penyisihan Grup A. Tiga gol Thailand dicetak oleh Worrawoot Srimaka (25', 49'), Kiatisuk Senamuang (52'), dan Dusit Chalermsan (79'). Sementara satu gol skuat Garuda dicetak Gendut Dony yang menjadi top scorer turnamen dengan lima gol bersama Worrawoot Srimaka.

Timnas Indonesia yang dilatih Nandar Iskandar dan Dananjaya, lolos ke semifinal menjadi runner-up grup dan bertemu Vietnam di babak empat besar. Pada Piala Tiger 2000, babak semifinal dan final tidak digelar dengan sistem kandang-tandang. Tim juara grup yang berhak menjadi tuan rumah. 

Duel final Piala AFF 2000 (Piala Tiger) antara Thailand melawan Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, 18 November 2000. (Bola.com/Dok.pribadi Eko Purjianto)

Thailand lolos ke final setelah mengalahkan Malaysia 2-0, sementara Timnas Indonesia harus bersusah payah mengalahkan Vietnam melalui perpanjangan waktu dengan skor 3-2. Jalan tersebut hampir mirip dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Skuat Garuda berada di grup yang sama dengan Thailand dan kalah 2-4. Indonesia lolos ke final setelah melalui perjuangan keras melawan Vietnam. Kemenangan dengan agregat 4-3 ditentukan melalui perpanjangan waktu pada duel leg kedua di Hanoi.

"Saya hanya bisa berdoa semoga Timnas Indonesia juara. Selamat berjuang timnas-ku," tutup Eko Purjianto.

Duel leg kedua final Piala AFF 2016 antara Timnas Indonesia melawan Thailand digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016). 

Video Populer

Foto Populer