Sukses


Teerasil Dangda Topskor, Chanathip Pemain Terbaik Piala AFF 2016

Bola.com, Bangkok - Timnas Thailand berhasil keluar sebagai juara Piala AFF 2016 setelah mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-0 di leg kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016). Thailand menjadi juara dengan kemenangan agregat 3-2 atas Timnas Indonesia dan dua pemainnya, Teerasil Dangda dan Chanathip Songkrasin, meraih penghargaan individu.

Timnas Thailand menjamu Timnas Indonesia dengan modal kekalahan 1-2 dari leg pertama final Piala AFF 2016 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (14/12/2016). Tim asuhan Kiatisuk Senamuang terus menerus menekan pertahanan Timnas Indonesia hingga akhirnya mencetak gol melalui Siroch Chatthong pada menit ke-37 dan 46' untuk memastikan kemenangan 2-0 di leg kedua final Piala AFF 2016.

Keberhasilan Timnas Thailand untuk meraih trofi kelima dalam sepanjang sejarah turnamen sepak bola Asia Tenggara itu diikuti oleh dua pemainnya, Teerasil Dangda dan Chanathip Songkrasin, yang juga menyabet penghargaan individu di Piala AFF 2016. Meski Teerasil Dangda gagal menambah pundi-pundi golnya setelah eksekusi penaltinya digagalkan Kurnia Meiga di pertandingan pamungkas, striker Timnas Thailand itu tetap menjadi pencetak gol terbanyak Piala AFF 2016 dengan enam gol.

Enam gol Teerasil Dangda di Piala AFF 2016 dicetak hanya ke gawang dua klub saja. Empat klub dicetak ke gawang Timnas Indonesia dalam dua kesempatan, yaitu di pertandingan perdana Grup A Piala AFF 2016 yang dimenangi Thailand dengan skor 4-2 dan di leg pertama final Piala AFF 2016 yang berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Timnas Indonesia. Sementara dua gol lain diciptakan Teerasil ke gawang Myanmar di semifinal Piala AFF 2016.

Tak hanya Teerasil Dangda yang berhasil menyabet penghargaan individu dalam turnamen ini. Chanathip Songkrasin pun juga terpilih menjadi pemain terbaik atau Most Valuable Player di Piala AFF 2016. Permainan gelandang kreatif Timnas Thailand ini, yang berhasil mencetak satu gol ke gawang Myanmar di semifinal, dinilai bermain sangat baik sepanjang turnamen hingga akhirnya Thailand berhasil menyabet gelar juara untuk kelima kalinya dalam sejarah Piala AFF.

Selain itu menjadi juara Piala AFF 2016 dan Teerasil Dangda serta Chanathip Songkrasin menyabet penghargaan individual, Timnas Thailand juga berhasil menyapu bersih semua penghargaan dengan terpilih menjadi tim paling Fair Play di Piala AFF 2016.

Video Populer

Foto Populer