Sukses


Menerka Nilai Kontrak Michael Essien Jika Gabung Persib

Bola.com, Jakarta - Michael Essien telah menginjakkan kakinya di Indonesia pada Sabtu (12/3/2017). Kedatangan legenda Chelsea itu memperkuat rumor bahwa ia akan bermain di kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air pada musim ini.

Persib Bandung merupakan tim yang santer dikabarkan tertarik memakai tenaga Essien. Kans Persib untuk mendapatkan gelandang berusia 34 tahun juga terbuka karena saat ini ia berstatus bebas setelah putus kontrak dengan klub Yunani, Panathinaikos, pada musim panas tahun 2016.

Kendati demikian, tidak akan mudah bagi tim asuhan Djadjang Nurdjaman itu mendapatkan tanda tangan Essien. Hal ini dikarenakan nilai kontrak besar yang agaknya bakal diminta mantan pemain Real Madrid dan AC Milan itu kepada manajemen Persib.

Berdasarkan data transfermarkt, setiap klub yang menginginkan jasa Essien wajib merogoh kocek sedikitnya 800 ribu euro atau sekitar Rp 11 miliar. Angka yang terbilang fantastis untuk klub-klub di Indonesia.

Sebagai gambaran, Persib pernah mengeluarkan dana besar saat memboyong pemain naturalisasi, Sergio van Dijk, tahun 2012. Kabarnya, Persib menyodorkan kontrak sebesar Rp 4 miliar untuk mantan pemain Adelaide United tersebut selama satu musim.

Hal ini berarti nilai kontrak yang mungkin didapat Essien, sesuai data transfermarkt, hampir tiga kali lipat dari gaji yang didapat Van Dijk. Agaknya klub-klub besar di Indonesia, termasuk Persib, bakal sulit jika pemain asal Ghana meminta nilai kontrak sebesar itu, kecuali Essien mau mendapatkan gaji lebih kecil.

Sementara itu, rumor yang menyatakan Essien bakal bermain di Persib, menambah panjang cerita transfer juara Indonesia Super League 2014 tersebut. Sebelumnya, nama-nama pemain top seperti Didier Drogba, Dimitar Berbatov, Robbie Keane, dan Ronaldinho, sudah lebih dahulu dikaitkan dengan Persib.

Persib masih mencari satu pemain asing tersisa untuk mengisi kuota dua pemain asing non-Asia dan satu pemain asing Asia di Liga 1 2017. Saat ini, Persib baru memiliki dua pemain asing, yaitu Vladimir Vujovic (Montenegro) dan Shohei Matsunaga (Jepang).

 

Video Populer

Foto Populer