Sukses


Pemain Persija Dilarang Sentuh Karbohidrat Selama Ramadan

Bola.com, Jakarta - Bulan Ramadan sudah dalam hitungan hari lagi. Perubahan jadwal pertandingan pun sudah dipersiapkan dengan pertandingan malam jadi opsi yang diambil. Namun, Persija Jakarta hanya akan mengubah jadwal latihan tanpa ada perubahan program latihan yang sudah dibuat. Tak terkecuali menyangkut standar makan para pemain.

Selama Ramadan, pertandingan Liga 1 2017 akan bergeser dengan waktu kick-off pukul 20.30 WIB. Macan Kemayoran rencananya akan mengubah jadwal latihan menjadi malam hari seperti halnya ketika bertanding. Namun, Pelatih fisik Persija, Yogi Nugraha, menegaskan tidak akan ada perubahan menu latihan dalam bulan puasa itu.

"Hanya jadwal latihan saja yang berubah, yaitu kita rencana berlatih malam hari, mungkin baru jam 19.30 latihan. Sementara itu, program dan pola latihan akan tetap sama karena dalam kompetisi ini jeda antarpertandingan benar-benar sedikit," ujar Yogi Nugraha.

"Latihan endurance, kecepatan, agility akan tetap sama semua seperti saat ini. Makanya latihan dipindah ke malam hari, jadi para pemain sudah mendapatkan asupan makanan saat berbuka sehingga latihan pun bisa dilakukan dengan normal," lanjut pelatih fisik itu.

Sementara untuk menu makanan selama Ramadan, Yogi menekankan bahwa tidak akan ada perubahan berarti selain ketika tim akan bertanding. Menurutnya, para pemain Persija akan dihindarkan dari makanan dengan unsur karbohidrat ketika berbuka puasa di hari bertanding.

"Soal makanan untuk berbuka puasa di hari pertandingan nanti akan kami siasati dengan tanpa karbohidrat. Jadi kemungkinan besar hanya akan lauk pauk saja atau dengan spaghetti yang lebih mudah dicerna oleh tubuh," ujarnya.

Pola tersebut dianggap biasa oleh salah satu pemain Persija, Jefri Kurniawan. Mantan pemain Borneo FC itu bahkan menyebut dirinya sudah terbiasa makan tanpa karbohidrat ketika harus bertanding ketika Ramadan.

"Biasanya saya memilih mengonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran saja. Lebih banyak yang memiliki unsur air. Biasanya sih kalau makanan berkuah itu saya suka soto untuk menu makanan berbuka ketika saya harus bertanding," ujar Jefri.

Video Populer

Foto Populer