Sukses


Bobotoh Inginkan Kiatisuk, Persib Tak Asing Dengan Aroma Thailand

Bola.com, Jakarta - Hasil kalah dua kali berturut-turut yang dialami Persib dari Bali United (0-1) dan Bhayangkara FC (0-2) membuat posisi pelatih Djadjang Nurdjaman makin sulit. Suporter fanatik Persib yang biasa disebut bobotoh kian gencar meminta manajemen Persib untuk memecat Djadjang.

Salah satu nama yang ramai diapungkan bobotoh untuk mengisi kursi pelatih Persib adalah Kiatisuk Senamuang. Eks pelatih Timnas Thailand itu sedang tak melatih tim manapun setelah mundur dari Tim Gajah Putih pada 31 Maret 2017.

Buat Persib, Thailand bukan negara yang asing. Meski belum pernah memakai jasa pelatih asal Thailand, Tim Maung sudah pernah diperkuat oleh pemain asal Thailand dan mereka tampil cukup apik selama berkostum Persib. Siapa saja pemain asal Thailand yang pernah berkostum Persib?

2 dari 3 halaman

Sinthaweechai Hatharattainakool

1. Sinthaweechai "Kosin" Hatharattainakool

Posisi pemain yang akrab disapa dengan panggilan Kosin ini adalah kiper. Buat posisi kiper, Persib amat jarang memakai jasa pemain asing.

Kehadiran Kosin membuat warna tersendiri di pos penjaga gawang Persib. Ia menjadi andalan selama musim kompetisi Liga Indonesia 2006. Sayang, kala itu Persib gagal menjadi juara dan Kosin pulang ke Thailand.

Penampilan Kosin yang bagus selama membela Persib membuat bobotoh terkesan. Untuk suporter wanita, Kosin punya nilai plus karena parasnya yang tampan.

Pada 2009, Kosin sempat kembali memperkuat Persib. Namun ia tak bermain selama satu musim penuh karena datang dengan status pinjaman.

Kala itu klub asli Kosin, Chonburi FC, sedang tak berkompetisi karena Liga Thailand libur. Kosin memperkuat Persib selama kurang lebih tiga bulan dan tampil di 11 laga sebelum kembali ke Chonburi.

Kosin sempat datang kembali ke Indonesia bersama Timnas Thailand pada Piala AFF 2016 dengan status sebagai kiper cadangan. Ia bahkan dibawa pelatih Kiatisuk Senamuang untuk menjadi wakil pemain Thailand dalam konferensi pers sebelum laga lawan Indonesia di Hotel Aston Lake, Sentul.

3 dari 3 halaman

Suchao Nuchnum

2. Suchao Nuchnum

Suchao Nuchnum berposisi sebagai pemain gelandang yang juga sempat memperkuat Timnas Thailand. Ia pernah memperkuat Persib pada musim kompetisi Liga Indonesia 2009-2010.

Sama seperti Kosin, Suchao tidak tampil selama satu musim bersama Persib karena datang dengan status sebagai pemain pinjaman. Klub asal Suchao kala itu adalah Buriram united.

Beda dengan Kosin, Suchao tampil lebih banyak bersama Persib, yaitu 17 kali. Perannya begitu vital di lini tengah Persib.

Sebagai gelandang, ia sempat menyumbang tiga gol untuk Tim Maung. Tipikalnya adalah gelandang dengan teknik tinggi.

Lantaran tampil apik, banyak pendukung Persib yang merasa kehilangan ketika Suchao harus kembali ke Thailand karena masa peminjamannya sudah habis. Setelah Kosin dan Suchao pergi, Persib tak lagi tampil garang dan gagal menjadi juara Liga.

Video Populer

Foto Populer