Sukses


Ini Formasi Ideal PSM Setelah Penangguhan Regulasi Pemain U-23

Bola.com, Makassar - Penangguhan peraturan pemain U-23membuat sejumlah klub melakukan perubahan formasi starter mereka. Termasuk PSM Makassar yang digadang bakal lebih kuat karena Robert Alberts bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya sejak menit awal.

Tapi, Robert terkesan sangat hati-hati menyikapi aturan baru ini. Pelatih asal Belanda ini tidak ingin strategi atau formasi pemain anyarnya bocor. Robert akan menggelar latihan tertutup buat media dan suporter di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Sabtu (1/7/2017).

"Latihan tertutup hanya satu jam pertama. Coach Robert ingin mematangkan taktik baru. Setelah itu, media dan suporter boleh masuk sampai latihan selesai pukul 18.00 WITA," ujar Wina atau Andi Widya Syadzwina, media officer PSM kepada Bola.com, Sabtu (1/7/2017) pagi.

Menurut Wina, Robert berharap strategi barunya itu bisa mewujudkan target poin saat dijamu Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (5/7/2017).

Meski menyembunyikan formasi starternya, kerangka tim PSM ala Robert bisa terbaca kalau dikaitkan dengan permintaan dirinya ke manajemen untuk mendatangkan pemain pilihannya sebelum awal musim.

Di lini belakang, Robert kemungkinan memberi tempat kepada Faturrahman untuk menggantikan Reva Adi Utama, pemain U-23 yang selama ini mendapatkan banyak menit bermain. Begitu pun di lini tengah, Rizky Pellu berpeluang besar tampil sejak menit awal mendampingi duet Belanda, Marc Klok dan Wiljan Pluim. Sebelumnya, Robert lebih banyak memainkan M. Arfan, gelandang U-23.

Sementara di lini depan, duet penyerang sayap, Ferdinand Sinaga dan M. Rahmat Syamsuddin bakal disiapkan untuk mendampini Reinaldo da Costa, tombak utama PSM. Sebelumnya di posisi ini ditempati Romario yang menggantikan rekannya sesama pemain U-23, Ridwan Tawainella yang terbelit cedera.

Formasi baru Robert diyakini bakal membuat PSM lebih agresif dan atraktif. Seperti dikatakan Rahman Usman, mantan striker PSM.

"Penangguhan pemain U-23 justru membuat PSM lebih kuat. Kalau tampil normal, saya yakin PSM bisa merebut poin di Bandung," ungkap Rahman, pencetak satu dari tiga gol PSM saat menekuk PKT Bontang 3-2 pada final Liga Indonesia 1999/2000.

Formasi Ideal PSM (4-3-3)

Kiper: Syaiful
Belakang: Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Faturrahman
Tengah: Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim
Depan: Ferdinand Sinaga, Reinaldo da Costa, M. Rahmat Syamsuddin

Video Populer

Foto Populer