Sukses


2 Uji Coba Internasional Belum Perbaiki Ranking Indonesia di FIFA

Bola.com, Jakarta - Keinginan PSSI memperbaiki ranking FIFA melalui uji coba internasional yang dilakoni Timnas Indonesia sesuai match day FIFA pada durasi 5-13 Juni 2017 masih belum membuahkan hasil.

Sesuai ranking FIFA terbaru yang dirilis induk organisasi sepak bola dunia itu per 6 Juli 2017, Indonesia (timnas putra) berada di peringkat ke-175. Hal itu berarti tidak ada perubahan dari ranking bulan lalu.

Padahal, dalam durasi match day FIFA bulan lalu, Timnas Indonesia mencatatkan hasil lumayan, yakni menang atas Kamboja 2-0 (8 Juni 2017) dan menahan Puerto Rico 0-0.

Namun, tetap saja hal itu belum berpengaruh pada ranking Indonesia di FIFA. Justru, Puerto Rico "terkena imbas" karena harus turun 19 peringkat dari sebelumnya. Pasca meladeni Indonesia, Puerto Rico kini ada di ranking ke-152.

Menariknya, Kamboja yang dikalahkan Timnas Indonesia, berhasil naik satu peringkat, duduk di ranking ke-173 pada bulan ini.

Meski tidak mengalami perubahan, situasi Indonesia di ranking FIFA per Juli 2017 cukup aman lantaran mayoritas negara-negara tetangga di regional Asia Tenggara mengalami penurunan signifikan.

Filipina masih berada di peringkat paling atas untuk negara anggota AFF, berada di ranking ke-126 atau tidak mengalami perubahan dibandingkan bulan lalu.

Selain Indonesia dan Filipina, negara lain yang tidak mengalami perubahan pada bulan ini adalah Brunei Darussalam dan Timor Leste yang bertahan di urutan ke-188 dan 196.

Namun, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura harus rela turun peringkat. Per 6 Juli 2017, Thailand turun empat peringkat ke urutan 131, Vietnam turun dua tingkat ke ranking 133.

Malaysia dan Singapura bahkan turun 12 peringkat. Kini posisi Malaysia ada di ranking ke-167 sementara Singapura di peringkat ke-169.

Sementara selain Kamboja, Myanmar dan Laos jadi negara di ASEAN yang kali ini mengalami perbaikan peringkat di ranking FIFA terbaru. Myanmar ada di ranking ke-157 atau naik enam peringkat dari bulan lalu sedangkan Laos naik satu setrip ke urutan 171.

Untuk 10 besar dunia, Brasil harus merelakan posisi mereka diambil alih Jerman yang baru saja menjuarai Piala Konfederasi 2017. Brasil kini di urutan kedua dan di ranking FIFA ketiga ada Argentina.

 

Video Populer

Foto Populer