Sukses


3 Masukan dari Manajemen untuk Tim Pelatih Semen Padang

Bola.com, Padang - Kekalahan telak 1-3 di kandang sendiri saat menjamu Bali United (24/8/2017) berdampak besar bagi Semen Padang, yang sejatinya butuh poin maksimal saat main di hadapan publik sendiri.

Kehilangan tiga poin menjadi utang tim asuhan Nilmaizar yang harus diganti saat mereka bermain di luar kandang. Hal ini hukumnya wajib, sebab untuk tetap bersaing di papan atas, Semen Padang harus memastikan poin sempurna ketika bermain di Stadion H. Agus Salim, Padang.

Manajer Semen Padang, Win Bernadino, menilai kekalahan dari Bali United disebabkan faktor teknis yang sehari-hari menjadi tugas tim pelatih. Manajemen menurutnya sudah menyampaikan beberapa masukan hasil dari evaluasi pasca pertandingan.

"Tidak ada faktor nonteknis dari kekalahan kemarin. Semua murni faktor teknis. Memang, secara statistik permainan, kami mengungguli Bali United. Kami memiliki 18 tembakan dan tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Dua gol tim lawan di luar penalti berasal dari counter attack," ujar Win Bernadino, Minggu (27/8/2017).

Bagi Win, secara keseluruhan ada tiga hal yang menjadi biang kekalahan perdana Semen Padang di laga kandang pada kompetisi tahun ini.

Pertama, barisan belakang sangat lengah dalam membaca serangan balik lawan. Hal itu buntut dari minimnya ancaman ke pos belakang Semen Padang selama babak pertama.

"Nah, di babak kedua, Bali United bermain lebih efisien dengan mengandalkan serangan balik. Kami mengira karena barisan belakang kurang mendapat ancaman di babak pertama hingga menjadi lengah sehingga gagal mengantisipasi counter attack," tutur Win.

Selain lengah, barisan depan Semen Padang juga bermasalah pada penyelesaian akhir dan tidak adanya alternatif startegi yang diterapkan tim pelatih.

"Alternatif strategi menjadi catatan kami pada pertandingan yang telah dilalui. Tim pelatih selama ini terlihat nyaman dengan stretegi baku 4-4-2. Padahal, dalam sebuah pertandingan, biasanya pelatih kerap mengotak-atik strategi tergantung situasi di lapangan. Kami menilai seperti itu, namun pelatih tentunya lebih tahu hal ini,” ungkapnya.

Win menambahkan, menyangkut taktik dan strategi sebenarnya ranah tim pelatih. Namun, masukan dari manajemen tentu harus dipertimbangkan sehingga ke depan gaya permainan Semen Padang tidak mudah terbaca tim lawan.

Video Populer

Foto Populer