Sukses


Makna Sumpah Pemuda Buat Awan Setho Rahardjo

Bola.com, Jayapura - Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Hari spesial dan bersejarah di mana para pemuda dan pemudi menggelorakan semangat untuk meraih kemerdekaan tahun 1928.

Hari Sumpah Pemuda juga mendapat perhatian khusus bagi kiper Bhayangkara FC, Awan Setho Raharjo. Baginya, memperingati Hari Sumpah Pemuda berarti memberikan sumbangsih nyata untuk menjaga persatuan dan kesatuan, termasuk lewat sepak bola.

''Semboyan satu nusa, bangsa, dan bahasa harus terus dipertahankan demi para pahlawan yang telah berjuang. Termasuk menjaga persatuan lewat sepak bola,'' ungkap Awan Setho kepada Bola.com, Sabtu (28/10/2017).

Menurutnya, sebagai persatuan dan kesatuan bangsa, keragaman Indonesia bukan alasan untuk terpecah belah. Justru hal tersebut sebagai penguat Indonesia untuk menjadi negara yang semakin besar.

''Yang paling utama bagaimana terus menjaga persatuan dan kesatuan di sepak bola. Karena olahraga ini sebagai alat pemersatu bangsa,'' ucap pemain 20 tahun itu.

Sebagai pemain sepak bola, kiper asal Semarang itu ingin kembali berjuang bersama Timnas Indonesia. Ia mengaku merupakan suatu kebanggaan bisa berprestasi seperti saat bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2013.

''Tentu ingin mengharumkan Indonesia lewat sepak bola. Semangat untuk terus berprestasi harus digelorakan dan membawa Timnas meraih hasil yang lebih baik lagi,'' tegas Awan Setho.

 

Video Populer

Foto Populer