Sukses


Mitra Kukar Klaim Sissoko Sah saat Melawan Bhayangkara FC

Bola.com, Tenggarong - Duel Mitra Kukar melawan Bhayangkara FC pada pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Jumat (3/11/2017), menyisakan masalah. Hal tersebut terkait status marquee player tuan rumah, Mohamed Sissoko, yang dianggap tidak sah oleh kubu Bhayangkara FC.

Hal tersebut mengacu pada Surat Keputusan Komisi Disiplin PSSI, 28 Oktober 2017 dengan nomor 112/L1/SK/KD-PSSI/X/2017. Surat tersebut menyebut Sissoko mendapatkan hukuman larangan dua kali bermain, melawan Bhayangkara FC pada Jumat (3/11/17) dan Persiba Balikpapan pada 11 November 2017, serta denda Rp 10 juta.

Namun, kubu Mitra Kukar memiliki fakta lain terkait status Sissoko. Media officer Mitra Kukar, Agri Winata, menyebut hingga pertandingan digelar, manajemen tim Naga Mekes tidak menerima salinan sanksi tersebut. Justru pihaknya mengetahui ada masalah tersebut dari media.

"Jadi ada putusan Komdis seperti itu, namun kami baru tahu sekarang tanpa ada surat yang masuk. Saya cek ke sekretaris tim, tidak ada kiriman surat sanksi," ungkap Agri Winata kepada Bola.com, Sabtu (4/11/2017).

Sebagai pengingat, mantan gelandang Liverpool itu mendapat kartu merah langsung saat melawan Pusamania Borneo FC di Tenggarong, 23 Oktober 2017. Mengacu regulasi Pasal 57, pemain yang memperoleh kartu merah langsung tidak diperkenankan bermain satu kali pertandingan berikutnya.

Agri menjelaskan berdasarkan regulasi itulah, Sissoko tidak dibawa saat menantang tuan rumah Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, 27 Oktober 2017. Manajemen berasumsi secara regulasi gelandang 32 tahun absen satu pertandingan.

"Ini yang membuat bingung. Kami mengacu regulasi, makanya tidak bawa Sissoko ke Bandung. Ternyata ada surat keputusan Komdis, yang terus terang kami baru tahu," tuturnya.

Dia menambahkan keputusan tetap memainkan Sissoko melawan Bhayangkara FC juga berdasarkan surat keterangan bermain dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sehari sebelum pertandingan.

Dalam surat nomor: 212/NLB-LIGA1/XI/2017 disebutkan hanya bek Herwin Tri Saputra dan kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi Ardhiyasa, yang menjalani hukuman larangan bertanding.

"Tidak ada nama Sissoko yang tercantum di surat itu, jadi dia tetap diturunkan Mitra Kukar. Sepertinya putusan Komdis itu juga tidak tembus ke PT LIB," kata Agri.

 

Video Populer

Foto Populer