Sukses


Pemain Persebaya Wajib Mempertajam Insting Mencetak Gol

Bola.com, Surabaya - Tidak banyak gol yang berhasil dicetak Persebaya Surabaya selama fase grup Piala Presiden 2018. Tim Bajul Ijo hanya mengoleksi empat gol saja, meski lolos ke babak 8 besar dengan status sebagai juara Grup C.

Padahal, Persebaya punya catatan bagus soal tembakan ke gawang lawan. Berdasarkan statistik, Persebaya minimal membukukan 10 tembakan dalam sebuah laga di fase grup.

Saat melawan PS TNI (18/1/2018), mereka mampu mengkreasikan 19 tembakan dan 8 di antaranya tepat sasaran. Namun, hanya satu saja yang berbuah gol. Lalu, sebanyak 12 tembakan dengan 9 di antaranya on target dan menjadi dua gol ketika bertemu Perseru Serui (23/1/2018).

Terakhir, Bajul Ijo mempu mencatatkan 10 tembakan dengan empat di antaranya mengarah ke gawang. Namun, hanya sebiji gol saja yang berhasil mereka ciptakan saat berjumpa Madura United (28/1/2018). Problem penyelesaian akhir inilah yang menjadi catatan bagi pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera.

Arsitek tim asal Argentina itu memberikan porsi latihan untuk mengasah penyelesaian akhir dalam latihan tim di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, Rabu (31/1/2018). Semua pemain diwajibkan untuk mempertajam insting mencetak gol.

"Hal itu masih jadi problem kami selama fase grup. Saya ingin semua pemain bisa berkontribusi cetak gol. Kami punya beberapa peluang, tapi tidak bisa masuk. Itu harus kami perbaiki," kata Alfredo.

Alfredo belum punya keinginan mendatangkan striker baru untuk menajamkan lini depan. Kendati, striker asal Argentina yang menjadi incarannya gagal bergabung.

"Kami mencari yang baru, tapi lihat siapa yang cocok. Saya tidak mau buru-buru. Semua pemain yang datang adaptasi cepat. Lebih baik maksimalkan pemain yang ada," imbuh pelatih berusia 45 tahun itu.

Meski masih kurang dalam penyelesaian akhir, Alfredo memandang skuat asuhannya sudah mengalami peningkatan dalam beberapa hal lain. Grafik itu muncul dalam tiga laga berturut-turut di fase grup. Puncaknya, saat Persebaya melawan Madura United.

"Melawan Madura United, kami main bagus. Kiper juga bermain baik membuat beberapa penyelamatan. Dalam beberapa pertandingan, pemain tampil lebih bagus. Kami bisa jaga jarak dan tempo permainan," ucap eks pelatih Persipura Jayapura itu.

Video Populer

Foto Populer