Sukses


Ok John Resmi Menyandang Status WNI

Bola.com, Balikpapan - Penantian panjang Onorionde Kughegbe John untuk menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI) akhirnya berbuah manis. Bek miliki Madura United itu telah ditetapkan sebagai WNI pada 19 Februari 2018.

Pemain yang lebih dikenal dengan nama OK John itu tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Butuh 12 tahun baginya selama berkarier di Indonesia hingga akhirnya mendapat kewarganegaraan.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah Indonesia yang telah memberikan kepastian hukum kepada saya dan keluarga saya. Kami menyambut dengan sangat bahagia karena status kewarganegaraan anak-anak kami menjadi jelas," kata OK John.

Satu di antara faktor kuat yang membuat OK John ingin berpindah kewarganegaraan dari Nigeria menjadi Indonesia adalah karena sang istri. Dia telah menikahi wanita asal Manado, Rita Agnes Veronika. Buah pernikahannya itu pun telah melahirkan tiga anak.

Meski sudah resmi jadi WNI, beberapa urusan administrasi seperti KTP yang harus dimilikinya, masih belum beres. Hal itulah yang membuatnya terpaksa absen ketika Madura United tampil di Piala Gubernur Kaltim II, Senin (26/2/2018).

"Saat ini saya sedang menyelesaikan KTP dan lainnya sehingga belum bisa bergabung dengan Madura United. Suporter Madura, terima kasih karena mau berteman baik dengan saya," imbuh pemain 34 tahun itu.

Sejak berkarier di Indonesia pada 2005 selama 12 tahun, dia tercatat sebagai pemain asing yang berasal dari Nigeria. Pihak manajemen Madura United menyambut hangat kabar ini dengan mendaftarkan OK John sebagai pemain lokal.

"Di Liga 1, Madura memang memberi opsi kepada OK John sebagai pemain lokal, bukan pemain asing. Selamat atas status WNI dan itu berarti kontrak OK John berlanjut untuk musim ini," timpal Haruna Soemitro, manajer Madura United.

Dengan status OK John ini, maka Madura United semakin sesak berisikan pemain naturalisasi. Sebelumnya sudah ada tiga pemain dengan status tersebut, yaitu Greg Nwokolo (Nigeria), Raphael Maitimo (Belanda), dan Cristian Gonzales (Uruguay).

Video Populer

Foto Populer