Sukses


Operator Menerapkan Sejumlah Aturan Baru pada Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Chief Operation Oficer (COO) PT Liga Indonesia Baru, Tigor Shalom Boboy, mengatakan bakal ada beberapa perubahan regulasi dalam pertandingan Liga 1 2018. Sejumlah perubahan itu dilakukan untuk meningkatkan mutu pertandingan kompetisi tertinggi di Indonesia tersebut.

Sejumlah regulasi baru tersebut diperkenalkan PT LIB ke para manajer dan pelatih tim anggota Liga 1 2018. Pertemuan bertajuk Manager Meeting dengan tema Law of The Game itu berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta pada 1-2 Maret 2018.

Beberapa perubahan yang signifikan akan terjadi pada aturan off-side, one on one position di kotak penalti, larangan alat komunikasi, dan juga proses kick-off. Untuk off-side, nantinya akan ada aturan baku yang mengatur tentang bagaimana proses terjadinya hal tersebut.

Selain itu, untuk one on one position di kotak penalti, LIB juga akan mengatur bagaimana nantinya wasit akan memberikan hukuman. Apakah akan langsung kartu merah, atau terlebih dulu kartu kuning, bahkan tidak mendapatkan kartu.

"Perubahan signifikan ada pada aturan off-side. Kalau berbicara off-side, kita harus tahu lebih dulu apa itu defenisi off-side. Lalu menentukan one on one position antara kiper dan penyerang nanti dengan hukumannya itu bisa kartu kuning, merah, atau tidak sama sekali karena tergantung sama posisinya," kata Tigor kepada wartaan di Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Sementara itu, Tigor juga menegaskan pihaknya akan mengeluarkan larangan penggunaan alat komunikasi dalam bentuk apapun di bangku cadangan pemain. Adapun untuk proses terjadinya kick off, nantinya hanya diperbolehkan adanya satu pemain di lingkaran tengah gawang yang akan mengoper boleh ke rekannya di luar area tersebut.

"Tidak boleh ada alat komunikasi berbentuk apapun di bench pemain pada Liga 1 2018. Kecuali hanya satu yakni alat komunikasi yang terhubung dalam situasi darurat seperti ke ambulance. Lalu ada perubahan proses melakukan kick off yakni hanya ada satu pemain yang ada di bundaran tengah lapangan," ujar Tigor.

Video Populer

Foto Populer