Sukses


Persebaya Menerapkan Terobosan terkait Penjualan Tiket

Bola.com, Surabaya - Sepinya penonton dalam Blessing Game yang mempertemukan Persebaya Surabaya kontra Sarawak FA mulai berpengaruh kepada manajemen klub.

Hanya terdapat 14.751 penonton yang hadir di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu sore (18/3/2018) itu. Padahal, kapasitas stadion yang terletak di kawasan Surabaya Barat itu mencapai 55 ribu penonton.

Beberapa elemen Bonek, suporter Persebaya, memang sempat mengancam memboikot pertandingan lantaran harga tiket mencapai Rp 50 ribu untuk kategori ekonomi atau fans.

Harga itu dirasa cukup memberatkan, terutama untuk kalangan pelajar. Sebab, manajemen hanya membanderol Rp 35 ribu untuk tiket fans selama laga kandang di Liga 2 musim lalu.

Manajemen Persebaya lantas melakukan sejumlah terobosan untuk mengatasi persoalan tersebut. Mereka memberikan harga khusus, bahkan tiket gratis untuk kategori penonton tertentu selama laga kandang Liga 1 2018.

"Kami terus mencari formulasi baru dan terbaik bagi suporter, namun tetap menjaga keseimbangan tim. Jadi, selain masuk gratis bagi anak-anak panti asuhan, ada juga diskon dan fasilitas terbaik bagi pelajar. Mahasiswa yang bisa menunjukan kartu mahasiswa, bisa mendapat diskon," kata Azrul Ananda, Presiden Klub Persebaya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tiket Gratis dan Diskon

Detailnya, tiket gratis diberikan kepada anak berusia di bawah 7 tahun dan yang berasal dari panti asuhan. Sementara penonton yang berstatus mahasiswa diberi diskon sebesar 20 persen.

Manajemen Persebaya memiliki program School Group Sales yang hanya bisa diakses pelajar kategori siswa SD dan SMP. Melalui program tersebut, manajemen memberikan harga spesial, Rp 50 ribu per orang untuk tiket VIP atau yang kerap disebut super fans, dari harga asli Rp 250 ribu.

Bonek Mania menyalakan flare saat laga Persebaya vs Madura United di Stadion GBT, Surabaya (28/1/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Untuk bisa mendapatkan fasilitas tersebut, pelajar diwajibkan terbentuk dalam satu kelompok besar dengan jumlah dalam rombongan minimal 50 orang. Manajemen juga menyiapkan fasilitas antar-jemput saat hari pertandingan, ditambah merchandise bagi setiap anak.

"Kami ingin buktikan, pertandingan Persebaya sangat aman dan juga nyaman bagi anak-anak, terutama pelajar di level SD dan SMP. Program ini sekaligus untuk merawat masa depan generasi bonek. Jadi, intinya adalah kaderisasi Bonek," imbuh Azrul.

3 dari 3 halaman

Terobosan Persebaya

Beberapa terobosan baru Persebaya untuk musim 2018

1. Bonek Card dengan harga dan fasilitas terbaik, Rp 29.500 per pertandingan untuk Full Season (17 laga kandang)

2. Bonek Card, dengan harga Rp 37.500 per pertandingan, untuk Half Season (8 laga kandang) & Quarter Season (4 laga kandang)

3. Diskon tiket pelajar 20 persen (Rp 40 ribu). Satu Kartu Pelajar/KTM berlaku untuk satu tiket Fans. Pembelian hanya dilakukan di Persebaya Store

4. School Group Sales, spesial untuk SD/SMP Rp 50 Ribu per orang mendapat tiket Superfans. Fasilitas: transportasi dan merchandise. Minimal 50 orang per rombongan

5. Program Gratis untuk Panti Asuhan dan Anak usia 7 tahun ke bawah

6. Belanja di Persebaya Store seharga minimal Rp 150 Ribu (all item), gratis satu tiket Fans. Seharga minimal Rp 300 Ribu (all item), gratis dua tiket Fans.

7. Fans (regular) single game Rp 50 Ribu

Video Populer

Foto Populer