Sukses


Mengulik Starting Eleven Persebaya Surabaya pada 2 Laga Awal Liga 1 2018

Bola.com, Surabaya - Hampir sama persis. Itulah gambaran dua starting eleven Persebaya Surabaya pada dua laga awal di GoJek Liga 1 bersama Bukalapak. Hanya ada satu slot pemain yang mengalami pergantian pada dua laga itu.

Itu pun terjadi pada posisi penjaga gawang. Pada laga pekan pertama menjamu Perseru Serui, Minggu (25/3/2018), pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, memutuskan untuk menurunkan Dimas Galih sebagai penjaga gawang.

Pada laga pekan kedua kontra Persela Lamogan, Jumat (30/3/2018), Alfredo memberikan kesempatan kepada kiper muda, Miswar Saputra. Sementara sisanya tak mengalami perubahan.

10 pemain yang selalu jadi andalan sejak menit pertama adalah Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi, Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Robertino Pugliara, Irfan Jaya, Rishadi Fauzi, Oktafianus Fernando. Formasi yang digunakan juga masih sama, yaitu 4-3-3.

Padahal, biasanya Alfredo menurunkan pemain yang sangat berbeda dalam beberapa pertandingan. Pelatih asal Argentina diyakini telah mendapatkan pakem untuk formasi pemain.

"Tidak. Saya selalu tegaskan saya tidak melihat muka pemain. Tidak pemain bintang di Persebaya. Siapa pemain yang siap, dia akan diturunkan di pertandingan. Saya selalu memutuskan starting eleven sehari sebelum pertandingan," kata Alfredo kepada Bola.com.

Kalimat itu sudah seperti jawaban hafalan Alfredo setiap mendapat pertanyaan mengenai pemain yang akan turun. Akan tetapi, dia memang selalu membuktikan jawaban itu dalam setiap pertandingan Persebaya Surabaya

2 dari 4 halaman

Menarik keluar pemain yang sama

Selain 10 pemain yang sama dalam dua laga terakhir, ada satu hal menarik yang juga selalu terjadi pada dua laga awal Persebaya. Alfredo selalu menarik keluar tiga pemain yang sama di babak kedua, meski pemain pengganti dan menit pergantian dilakukan dalam waktu yang berbeda.

Ketiga pemain tersebut adalah striker Rishadi Fauzi, winger Irfan Jaya, dan gelandang serang sekaligus kapten tim Rendi Irwan. Selebihnya, tujuh pemain lain selalu mendapat kesempatan bermain selama 90 menit.

Pada laga melawan Perseru, Alfredo mengganti Fauzi dengan Ricky Kayame (73’). Lalu, Irfan diganti dengan Feri Pahabol (65’), dan Rendi ditarik dengan memasukkan Adam Maulana pada masa injury time.

Sedangkana saat menghadapi Persela, pelatih 45 tahun itu mengganti Fauzi dengan David da Silva (56’), kemudian Osvaldo Haay masuk dengan menarik Irfan (62’), dan Rendi keluar diganti Sidik Saimima (78’).

Pola yang sama ini sebenarnya semakin menguatkan hipotesis bahwa Alfredo seperti sudah nyaman dengan pemainnya di lapangan. Namun, lagi-lagi eks pelatih Persipura itu membantah bahwa dia terpatron pada beberapa pemain tertentu.

"Tentu saja tidak. Saya melakukan perubahan itu di atas lapangan saat pertandingan berlangsung. Jadi, semua pergantian pemain itu disesuaikan dengan kebutuhan tim. Jalannya pertandingan selalu berbeda, dan saya butuh pemain yang berbeda juga," terangnya.

 

3 dari 4 halaman

David da Silva Bisa Menjadi Starter

Perubahan tampaknya akan terjadi pada laga pekan ketiga nanti. Persebaya bakal menjamu Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (8/4/2018).

Kans besar menjadi starter untuk ujung tombak Persebaya kini menjadi milik David da Silva. Itu menilik dari penampilan impresif yang ditunjukkan striker asal Brasil itu kala melawan Persela Lamongan.

Dia menjadi penyelamat Persebaya lewat golnya pada menit ke-69. Striker 28 tahun itu berhasil memanfaatkan umpan dari Robertino Pugliara.

Alfredo pun tidak sungkan-sungkan memberi pujian terhadap striker anyarnya itu. Pergerakan yang dilakukan Da Silva bisa membuat Persebaya lebih pede membombardir pertahanan Persela.

"Saya percaya sama dia (Da Silva). Dia memang punya kualitas dan bisa memberi saya bukti. Namun ini baru mulai, banyak pertandingan lagi ke depan, dan semoga jadi lebih bagus. Dia pemain yang tenang, punya kecepatan, dan finishing bagus juga. Dia juga banyak bergerak mencari celah. Sayangnya di laga ini kami belum bisa menang," puji sang pelatih.

 

 

4 dari 4 halaman

Starting Eleven pada Dua Laga Awal Liga 1 2018

Vs Persela (4-3-3)

Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Rendi Irwan (Sidik Saimima 78’), Robertino Pugliara; Irfan Jaya (Osvaldo Haay 62’), Rishadi Fauzi (David da Silva 56’), Oktafianus Fernando

 Vs Perseru (4-3-3)

Dimas Galih; Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Rendi Irwan (Adam Maulana 90+1’), Robertino Pugliara; Irfan Jaya (Feri Pahabol 65’), Rishadi Fauzi (Ricky Kayame 73’), Oktafianus Fernando

Video Populer

Foto Populer