Sukses


Arema Gelar TC Singkat untuk Mengobati Keterpurukan

Bola.com, Malang - Berada di urutan kedua dari bawah di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak dalam tiga pekan pertama membuat Arema FC tidak nyaman. Itulah mengapa mereka langsung mengambil langkah cepat untuk melakukan pembenahan.

Menjelang pertandingan berat melawan Persib Bandung, Minggu (15/4/2018), tim berjulukan Singo Edan menggelar pemusatan latihan di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu, tepatnya pada Rabu (11/4/2018) ini hingga Jumat (13/4/2018).

Selama tiga hari, tidak hanya faktor teknis saja yang dibenahi tetapi juga kekompakan dan mental pemain. Sebab, selama ini Arema selalu drop pada babak kedua dalam setiap pertandingan.

Selain itu, kekompakan antarpemain dirasa kurang. Buktinya dua pemain asing, Thiago Furtuoso dan Balsa Bozovic, sempat saling sindir lewat media sosial setelah tidak sehati di lapangan.

"Sore ini kami langsung latihan di Batu. Banyak hal yang harus dievaluasi untuk membuat tim ini segara memetik kemenangan," kata pelatih Arema, Joko 'Getuk' Susilo.

Musim ini Arema memang tidak melakukan pemusatan latihan sebelum kompetisi dimulai. Mereka justru mengikuti turnamen Piala Gubernur Kaltim pada bulan lalu dan dianggap sebagai pemusatan latihan 'gratisan' mengingat Arema berada di Samarinda kurang lebih dua minggu dan mendapatkan pemasukan dari match fee.

Tetapi, imbasnya justru tidak maksimal karena performa Arema justru menurun ketika kompetisi Liga 1 dimulai. Konsentrasi pemain disebut sempat terkuras di turnamen pramusim sehingga saat kompetisi mereka dalam fase menurun.

 

2 dari 2 halaman

Mengembalikan Kegarangan

Selama tiga hari di Batu, selain hal teknis, Dendi Santoso dkk. akan menjalani outbond. Tujuannya, tentu untuk membuat suasana tim lebih harmonis dan kompak.

"Nanti ada agenda semacam outbond bekerja sama dengan pihak hotel. Kami perlu memperbaiki kekompakan tim karena itu adalah modal utama untuk bisa membuat performa dilapangan lebih baik," kata General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Bek Arema FC, Hendro Siswanto, berdoa sebelum melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (31/3/2018). Persija menang 3-1 atas Arema FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jika melihat persiapan Arema lima musim ke belakang, program pemusatan latihan selalu jadi agenda wajib karena di sana bisa menyatukan pemain lama dengan rekrutan baru.

Namun, musim ini Arema ingin mencoba hal baru yang dinilai bisa lebih efisien dari segi biaya. Tetapi, hasilnya justru membuat prestasi Arema jeblok di papan bawah sehingga kini mereka harus menjalankan agenda pemusatan latihan ketika kompetisi sedang berjalan demi mengembalikan kegarangan Singo Edan.

Video Populer

Foto Populer