Sukses


    Pengundian Grup Piala AFF 2018 Digelar 2 Mei di Jakarta

    Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2018 dengan format baru akan digelar pada 8 November hingga 15 Desember 2018. Pengundian fase grup turnamen sepak bola ASEAN itu akan digelar di Jakarta pada 2 Mei 2018.

    Berbeda dengan turnamen-turnamen Piala AFF sebelumnya, di mana fase grup dimainkan di satu negara tuan rumah, untuk Piala AFF 2018 akan digelar dengan sistem home and away.

    Jika sebelumnya Piala AFF mempertandingkan dua grup dengan masing-masing berisi empat tim, kali ini dua grup berisi masing-masing lima tim.

    Untuk menentukan tim di fase grup tersebut, AFF akan melakukan drawing yang digelar pada 2 Mei 2018. PSSI ditunjuk sebagai tuan rumah proses pengundian grup tersebut.

    "Nanti 2 Mei akan ada drawing Piala AFF di Jakarta. Piala AFF tahun ini menggunakan format baru. Proses drawing akan digelar di Hotel Mulia," ujar Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

    Untuk penentuan 10 tim yang akan berpartisipasi dalam Piala AFF 2018, sembilan tim otomatis masuk ke fase grup, yaitu Vietnam, Thailand, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos, dan Filipina.

    Sementara itu, dua tim lain, yaitu Timor Leste dan Brunei Darussalam, akan lebih dulu menjalani play-off untuk menentukan satu tempat terakhir di babak grup.

    10 tim akan dibagi ke dalam lima pot, di mana Indonesia berada di pot kedua bersama Malaysia. Thailand yang merupakan juara bertahan berada di pot tertinggi bersama Vietnam.

    Sementara untuk pot ketiga ada Filipina dan Myanmar, dan pot keempat ditempati Singapura dan Kamboja. Pot kelima menjadi jatah Laos dan tim pemenang play-off.

    Untuk format baru Piala AFF 2018, lima tim di dalam satu grup tetap hanya akan bertemu satu kali meski bersistem home and away. Hal tersebut karena setiap tim di dalam grup akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang dengan lawan yang berbeda-beda di empat pertandingan tersebut.

    Video Populer

    Foto Populer