Sukses


Persija Banjir Sanksi Denda dari AFC, Daryono Dihukum 6 Bulan

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta banjir hukuman denda dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) berdasarkan sidang Komite Disiplin AFC yang digelar 31 Mei hingga 1 Juni 2018. Lima jenis pelanggaran Persija diputuskan oleh AFC, dua di antaranya ditujukan kepada Daryono dan Ivan Carlos. Total denda yang harus dibayarkan mencapai Rp300 juta.

Kelima pelanggaran yang dilakukan Persija dilakukan ketika menjadi tuan rumah di Piala AFC 2018, satu pelanggaran dilakukan saat menjamu Johor Darul Ta'zim pada 10 April 2018 dan empat pelanggaran lain dilakukan ketika Persija menjamu Home United di leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 pada 15 Mei 2018.

Untuk pelanggaran ketika menjamu JDT di SUGBK, hukuman diberikan karena pendukung Persija melemparkan lebih dari 50 rol kertas ke dalam lapangan saat pertandingan digelar. Untuk pelanggaran tersebut, Persija terkena denda sebesar USD 5.000 atau sekitar Rp69 juta.

Sementara untuk laga kontra Home United di SUGBK, Persija terbukti melakukan empat pelanggaran. AFC mengklasifikasikan dua pelanggaran dilakukan klub dan dua pelanggaran lain dilakukan individu pemain, yaitu Daryono dan Ivan Carlos.

Daryono didakwa melakukan pelanggaran serius yang berakhir dengan kartu merah setelah protes keras kepada ofisial keempat. Kiper Persija itu mendapatkan hukuman larangan bertanding selama enam bulan, 4 Juni-3 Desember 2018, termasuk hukuman satu pertandingan otomatis dari kartu merah yang diterimanya. Daryono tak luput dari denda sebesar USD 5.000.

Denda dengan nilai sama diberikan kepada Ivan Carlos. Pemain Persija yang sebenarnya tidak tampil dalam pertandingan itu terbukti melakukan protes keras kepada wasit dan ofisial keempat, ketika pertandingan berakhir di lorong menuju ruang ganti. Selain denda senilai USD 5.000, Ivan Carlos juga dihukum larangan bermain selama enam pertandingan.

Sementara untuk dua pelanggaran lain di pertandingan tersebut, Persija dihukum karena adanya pemain yang menyerang ofisial keempat dalam pertandingan kontra Home United itu dan atas sikap pemain, yaitu Marko Simic, yang memperlihatkan pesan pribadi dalam shinguards yang digunakannya saat berselebrasi.

Untuk dua pelanggaran tersebut, Persija juga diminta membayar denda masing-masing sebesar USD 5.000 atau sekitar Rp69 juta dan USD 2.000 atau sekitar Rp27 juta. 

Video Populer

Foto Populer