Sukses


Utak-atik Komposisi Timnas Indonesia U-19 bila Tanpa Egy Maulana Vikri

Bola.com, Yogyakarta - Penyerang sayap Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, terancam tak bisa tampil di Piala AFF U-18 di Sidoarjo, 1-14 Juli. Pasalnya, klub Egy, Lechia Gdansk, saat ini menggelar pemusatan latihan (TC) di Cetniewo, Polandia, pada 25 Juni-1 Juli.

Pelatih Piotr Stokowiec sedari awal menginginkan seluruh pemain mengikuti TC menuju kompetisi musim 2018-2019. Belum lagi setelah dari Cetniewo, Lechia Gdanks kembali melanjutkan TC untuk memantapkan tim sebelum bergulirnya Liga Polandia.

Melihat materi pemain yang dipanggil dalam dua kali TC di Yogyakarta, mantan pelatih Bali United memang memiliki banyak opsi pengganti Egy Maulana.

Dalam tahap pertama melawan Persis Solo, Indra Sjafri menurunkan trio Febi Eka Putra, Aji Kusuma, dan Egy Maulana Vikri di lini depan. Ketiganya ditopang Witan Sulaiman, Syahrian Abimanyu, dan M. Lutfi Kamal Baharsyah.

Jika menggunakan skema itu, posisi Egy bisa digantikan Sadill Ramdhani yang sama-sama unggul dalam hal kecepatan dan akselerasi. Winger Persela Lamongan tersebut tak sempat beruji coba karena dipanggil Luis Milla memperkuat Timnas U-23.

Selain Sadill, sang juru taktik masih memiliki dua pemain berkarakter cepat milik Persipura Jayapura, Gunansar Mandowen dan Todd Rivaldo.

Timnas Indonesia U-19 juga bisa memakai skema 4-4-2 dengan menempatkan Sadill, M Lutfi Kamal, Syahrian Abimanyu, dan Febi Eka Putra sebagai kuartet lini tengah. Sedangkan dua penyerang dihuni Aji Kusuma, M Rafli Mursalim atau Hanis Saghara Putra.

 

2 dari 2 halaman

Mengurus Izin

Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19, tak mempermasalahkan jika winger jebolan SKO Ragunan tersebut absen di Piala AFF U-18. Baginya, Timnas Garuda Nusantara tak tergantung pada satu pemain. Pelatih asal Padang itu juga memastikan Timnas U-19 tak akan menambah pemain lagi.

"Menciutkan saja saat ini sangat susah. Jadi kita tidak akan mencari lagi. Banyak pemain lain yang bisa mengisi posisi Egy. Ini tim sepak bola jadi tidak tergantung dengan satu pemain saja," tegas Indra, Selasa (26/6/2018).

Namun, Indra juga mengklaim, saat ini PSSI sedang mengurus ijin peminjaman Egy Maulana dari Lechia Gdansk. Ijin juga termasuk ke pelatih Piotr Stokowiec, yang sedari awal menginginkan seluruh pemain mengikuti TC menuju kompetisi musim 2018-2019.

"Sekarang baru diurus PSSI soal ijzn. Kami tunggu saja, karena mengurus ijin dengan klub luar negeri tidak segampang asal ambil pemain. Ada proses yang harus dilakukan," tegasnya.

Meski demikian, Indra tak akan memaksa pihak Lechia Gdansk untuk melepas Egy Maulana. Baginya, bergabung atau tidak dengan Timnas U-19 menjadi keputusan klub.

"Bagi kami ada pemain Indonesia yang bermain di luar negeri sudah bersyukur. Jadi bisa saja gabung saat di Sidoarjo atau mungkin tidak," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer