Sukses


Prediksi Malaysia Vs Timnas Indonesia U-19: Demi Harga Diri

Bola.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 bakal mendapat adangan dari Malaysia untuk lolos ke babak final Piala AFF U-19 2018. Kedua tim bakal bertarung dalam babak semifinal di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (12/7/2018).

Kedua memiliki perjalanan yang berbeda untuk sampai tahap ini. Malaysia keluar sebagai juara Grup B dengan status tak terkalahkan, sementara Indonesia merupakan runner-up Grup A.

Malaysia juga menyandang status sebagai runner-up pasa turnamen edisi tahun lalu. Persiapan mepet tim muda Harimau Malaya yang disebut hanya dua hari juga cukup menunjukkan bahwa para pemain memang memiliki kualitas.

Namun, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri tak ingin mengindahkan segala catatan itu. Pelatih asal Sumatera barat itu mengaku sudah siap dengan pertandingan ini.

"Timnas U-19 sudah siap lahir batin, latihannya tidak akan saya kasih tahu. Semua (pemain lawan) harus diwaspadai," kata Indra.

Kiper Timnas Indonesia U-19, Muhammad Riyandi. (Bola.com/Aditya Wany)

Indonesia punya catatan yang kurang mengesankan saat bersua Malaysia di ajang ini. Tiga kali mereka berjumpa, tiga kali pula hasil imbang diakhiri oleh keduanya.

Pertemuan terakhir kedua tim justru terjadi dalam kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Saat itu, Malaysia berhasil membantai Indonesia dengan skor 4-1.

"Saya tidak memikirkan masa lalu, saya mikir masa depan. Timnas U-19 siap lahir batin untuk laga besok," imbuh eks pelatih Bali United itu

 

2 dari 3 halaman

Malaysia Tak Gentar

Malaysia menyatakan menyatakan tak gentar menghadapi Indonesia. Kendati minim persiapan, pelatih kepala Malaysia meyakini timnya mampu meraih hasil terbaik di pertandingan ini.

Keyakinan itu muncul karena perkembangan anak asuhnya dari awal laga di turnamen ini hingga lolos ke semifinal cukup bagus. "Saya melihat ada progress yang bagus. Para pemain semakin kompak. Kerjasama tim juga mengalami perkembangan yang bagus," tutur Bojan.

Seperti diketahui, pelatih asal Kroasia ini semula sempat kurang percaya diri karena timnya hanya punya waktu dua hari melakukan persiapan sebelum bertolak ke Indonesia.

Namun perlahan-lahan tim Harimau Malaya ini mampu menunjukkan taringnya. Bahkan, mereka tak tersentuh kekalahan selama babak penyisihan Grup B. Satunya-satunya hasil tak maksimal yang mereka raih ketika ditahan 1-1 oleh Timor Leste.

Menghadapi Indonesia, Bojan menolak untuk bicara tentang kemenangan Malaysia 4-1 atas Indonesia di Piala AFF U-18 tahun lalu. Menurutnya, masa lalu tidak bisa dijadikan patokan untuk duel kali ini. "Semua tim sudah berkembang dan menjadi lebih baik. Jadi sudah tidak relevan," tuturnya.

Bojan memilih fokus pada timnya serta taktik yang harus dijalankan anak didiknya sendiri saat bentrok lawan Indonesia. "Kami sudah saling tahu kekuatan masing-masing tim. Jadi saya fokus bagaimana tim ini bisa menerapkan apa yang sudah saya berikan," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia U-19 (4-3-3): M. Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Kadek Raditya, Firza Andika (belakang); Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Ferre (tengah); Witan Sulaiman, Rafli Mursalim, Saddil Ramdani (depan).

Pelatih: Indra Sjafri

Malaysia U-19 (4-4-2): Shafiq Afifi (kiper); Shivan Asokan, Muhammad Anwar, Nabil Hakkim, Muhammad Syaiful (belakang); Muhammad Nurfais, Thivandaran Karnan, Ammar A., Nik A. Syahiran (tengah); Muhammad Ahkyar, Muhammad Hadi Fayyadh (depan).

Pelatih: Bojan Hodak

Video Populer

Foto Populer