Sukses


Minim Dukungan, Timnas Indonesia U-19 Bangkit Kalahkan Thailand

Bola.com, Sidoarjo - Antusiasme penonton Timnas Indonesia U-19 saat melawan Thailand U-19 pada perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 2018, Sabtu (14/7/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, menurun. Stadion yang menjadi venue utama Piala AFF U-19 ini terlihat sepi.

Hal itu bisa dilihat dari setiap tribune yang tampak melompong. Suasana itu sangat kontras dengan pertandingan sebelumnya, dari babak penyisihan hingga semifinal. Penonton memenuhi stadion berkapasitas 35 ribu orang ini.

Mengenai menyusutnya jumlah penonton di laga perebutan posisi ketiga yang dimenangi Riyandi dkk dengan skor 2-1 ini, Wakil Ketua Panpel Amir Burhanuddin menyatakan, kegagalan Garuda Nusantara Jaya ke final Piala AFF U-19 menjadi salah satu faktornya.

"Ceritanya mungkin akan berbeda kalau Timnas U-19 menang lawan Malaysia kemarin. Sayangnya Timnas U-19 gagal, dan ini membuat animo penonton untuk memberikan dukungan langsung ke stadion menurun," terang Amir yang juga Sekum Asprov PSSI Jatim ini.

Seperti diketahui, ambisi Timnas U-19 untuk menembus final Piala AFF U-19 2018 menguap setelah mereka kalah dari Malaysia lewat drama adu penalti (3-4).

Menurut Amir, tipikal penonton di Indonesia memang seperti ini. Baginya cukup wajar, karena sebelumnya ekspektasi publik Indonesia terhadap Timnas U-19 cukup besar.

"Ketika prestasi Timnas U-19 tak seperti yang mereka harapkan, mereka kecewa. Rasa kecewa itu memunculkan keengganan untuk datang ke stadion," tuturnya.

Amir menampik bahwa harga tiket perebutan tempat ketiga, Rp 50.000 (ekonomi), Rp 100.000 (Utama), dan Rp 150.000 (VIP) bukan penyebab sepinya penonton. Karena harga ini sama dengan besaran harga tiket semifinal lalu.

"Karakteristik penonton di Indonesia, khususnya penonton timnas tak peduli soal harga. Berapa pun harganya akan mereka beli asal Timnas menang terus," ujar Amir.

Sayangnya, penonton di Sidoarjo menyisakan catatan hitam karena ricuh setelah Indonesia kalah dari Malaysia. Penonton melempar botol minuman ke lapangan.

Walau tak mendapat dukungan maksimal, Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Thailand 2-1 dan menempati peringkat ketiga Piala AFF U-19 2018. Hasil ini menjadi obat luka bagi Feby Eka Putra dan kawan-kawan.

Video Populer

Foto Populer