Sukses


Persija Kembali Tampil di Ibu Kota usai Asian Games

Jakarta - Persija Jakarta merasakan dampak negatif Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Macan Kemayoran tidak dapat menggunakan stadion di wilayah ibu kota.

Pasukan Stefano Cugurra Teco terpaksa mengungsi ke Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Yogyakarta, dalam dua bulan belakangan. Untungnya, kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak bakal berhenti saat Asian Games 2018 digelar.

Kompetisi yang disiarkan langsung dan eksklusif di Indosiar ini tinggal menyisakan tiga pekan sebelum diliburkan ketika Asian Games 2018 berlangsung. Nah, dari tiga partai tersebut, dua di antaranya berstatus kandang bagi Persija. Masing-masing melawan Bhayangkara FC (27 Juli 2018) dan PSMS Medan (12 Agustus 2018). Macan Kemayoran sudah memastikan laga melawan Bhayangkara FC akan digelar di SSA.

Itu berarti, mulai pekan ke-22, karena pekan ke-21 Persija akan bertandang ke markas Borneo FC, Ismed Sofyan dan kawan-kawan tidak akan menjamu lawannya lagi di SSA. Sebab, Macan Kemayoran bakal kembali berkandang di ibu kota dan sekitarnya.

Perhelatan Asian Para Games 2018 yang akan dimulai pada Oktober mendatang, tidak akan menghalangi niat Persija untuk pulang ke ibu kota. "Wajib. Tidak harus menunggu Para Games (selesai). Wajib kembali ke ibu kota," ujar Direktur Utama Persija, Gede Widiade ketika dihubungi Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Faktor Musafir

Sebelum terusir dari ibu kota, Persija rutin menghiasi papan atas klasemen Liga 1. Namun usai menjadi tim musafir, Macan Kemayoran bahkan sempat terlempar dari 10 besar.

Gede menilai, faktor melorotnya penampilan Persija, selain karena menjadi musafir, lantaran anak buahnya harus bertanding lebih banyak dibanding tim yang lain. Bermain di dua kompetisi, AFC Cup dan Liga 1, membuat kondisi para pemain Macan Kemayoran tidak terlalu optimal.

"Bayangkan, mereka tidak sempat istirahat. Persija itu tim dengan main paling banyak. Kita ikut AFC Cup 2018, hampir masuk final. Bayangkan, main terbanyak, tidak punya lapangan. Itu otomatis menguras energi dan mental mereka. Tapi itu tidak boleh jadi alasan, itulah salah satu faktor terbesar (Persija terpuruk di musim ini)," imbuh Gede.

3 dari 3 halaman

Kembali ke Patriot?

Kabarnya, usai Asian Games 2018 selesai, Persija akan kembali berkandang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, homebase mereka di musim lalu. Sebab, SUGBK bakal digunakan untuk Asian Para Games 2018.

 

Sumber: Liputan6.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer