Sukses


Piala AFF U-16: Cerita Penunjukan Putra Xanana Gusmao Jadi Kapten Timor Leste

Bola.com, Sidoarjo - Timnas Timor Leste U-16 memiliki kapten baru saat menghadapi Timnas Indonesia U-16 pada matchday keempat penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018). Dia adalah Kay Olok Sword Gusmao.

Kay merupakan kapten ketiga Timor Leste di Piala AFF U-16. Osorio Angelo da Costa dan Jaimito da Costa mengenakan ban kapten dalam beberapa laga sebelumnya.

Pelatih Timor Leste, Joao Araujo, menuturkan keputusannya memilih Kay tidak lain karena latar belakangnya. Kay adalah putra Xanana Gusmao, Presiden pertama dan mantan Perdana Menteri Timor Leste.

"Sebenarnya dari awal saya sudah ingin dia jadi kapten. Saya mengatakan, ‘Bapak kamu dulu jadi kapten di hutan’. Sekarang kamu harus jadi kapten di lapangan," kata Araujo.

Maksud Araujo dengan kalimat itu adalah Xanana Gusmao pernah memimpin serdadu Timor Leste. Xananan adalah tokoh Timor Leste saat negara itu masih menjadi bagian dari Indonesia dengan nama Timor Timur.

"Tapi, dia bilang belum siap. Terus saya bilang dia akan jadi kapten saat melawan Indonesia, dan dia pun menyanggupinya," imbuh Araujo.

Hanya, Kay tidak mampu membawa Timnas Timor Leste U-16 memenangkan pertandingan ini karena kalah 0-3 dari Indonesia sekaligus menutup peluang lolos ke semifinal.

Pemain bernomor punggung 8 itu selalu tampil sebagai starter dalam empat laga Timnas Timor Leste U-16. Dia membukukan 194 menit bermain tanpa mencetak satu gol pun.

Sebagai catatan, Kay senantiasa mendapat dukungan dari sang ayah selama tampil di Piala AFF U-16 2018. Xanana Gusmao hadir langsung di stadion, di mana putra tercintanya bermain, baik di Gresik maupun Sidoarjo, Jatim.

Video Populer

Foto Populer