Sukses


Piala AFF U-16: Taklukkan Singapura, Malaysia Yakin ke Semifinal

Bola.com, Gresik - Timnas Malaysia U-16 berhasil meraih kemenangan di matchday ketiga penyisihan Grup B Piala AFF U-16 2018. Bertemu dengan Singapura di Stadion Joko Samudro, Gresik, Minggu (5/8/2018, tim besutan Raja Azlan Shah menang dengan skor 4-0.

Malaysia tampil percaya diri pada laga ini. Mereka menguasai jalannya laga sejak kick-off. Ketika pertandingan baru berjalan delapan menit, Malaysia berhasil membuka keunggulan lewat Alif Daniel Abdul Aziz.

Malaysia memperbesar keunggulan di menit ke-33. Kali ini strikernya, Harith Naem Jaineh, berhasil menceploskan bola ke gawang Singapura. Skor 2-0 untuk keunggulan Malaysia bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Malaysia kembali tampil agresif. Mereka terus menekan dan melancarkan serangan bergelombang ke pertahanan Singapura.

Hasilnya, dua gol tambahan tercipta. Gol ketiga Malaysia dihasilkan Mohammad Fahmi Daniel Zaaim di menit ke-46. Gol keempat Malaysia lahir dari gol bunuh diri pemain belakang Singapura, Muhammad Ryaan Sanizaal, menit ke-56. Mengenai kemenangan ini, pelatih Malaysia Raja Azlan Shah, mengatakan tim asuhannya bermain bagus sejak awal pertandingan. Mereka cukup percaya diri dan nyaman.

"Gol cepat itu membuat kami lebih nyaman dan bersemangat. Beda dengan saat melawan Brunei, anak-anak bisa lebih mengontrol permainan. Tahu kapan main cepat dan lambat," tutur Raja Azlan Shah.

Malaysia juga menguasai setengah lapangan. Mereka terus memaksa Singapura lebih banyak bermain di zonanya sendiri, sehingga lawan tak bisa berkembang.

Bagi Raja, ini sangat penting untuk membiasakan tim bermain seperti ini. "Tak kalah penting, menit golnya. Gol cepat itu bisa membuat kami lebih bisa mengontrol permainan," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Komentar Singapura

Raja menambahkan hasil ini merupakan modal bagus untuk pertandingan selanjutnya, melawan Laos, Selasa (7/8/2018), di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik.

Malaysia berebut tiket terakhir semifinal dari Grup B dengan Laos. Hingga berita ini diunggah, kedua tim memiliki poin sama, enam. Namun, Malaysia memiliki selisih gol jauh lebih bagus ketimbang Laos.

Di pihak Singapura, pelatih kepala Stephen Ng Heng Seng mengakui timnya tidak tampil bagus pada 45 menit pertama. Selain itu ia juga menyebutkan ada beberapa perbedaan mencolok antara timnya dengan Malaysia.

"Kami tidak punya ketajaman, Malaysia sangat tajam. Antisipasi pemain bertahan tim kami kurang bagus, Malaysia cukup bagus," ujar Stephen.

Stephen menambahkan Singapura memiliki celah menganga yang bisa dimanfaatkan Malaysia untuk mencetak empat gol ke gawang tim besutannya.

Dengan kekalahan ini, berarti sudah tiga kali Singapura tumbang, atau sejauh ini belum pernah di Piala AFF U-16 2018. Menurut Stephen, hal ini disebabkan minimnya pengalaman pemain Singapura. "Tim ini dihuni  banyak pemain muda dan sedang dalam program pengembangan," ucap Stephen.

Video Populer

Foto Populer