Sukses


Suporter Persebaya dan Persela Menyebar Pesan Damai dari Stadion GBT

Bola.com, Surabaya - Pertemuan Persebaya Surabaya melawan Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (5/8/2018) melahirkan satu cerita baru. Suporter kedua tim, Bonek (suporter Persebaya) serta LA Mania dan Curva Boys, bisa melebur dengan baik di laga ini.

Bonek menempati berbagai tribune di laga ini sementara LA Mania dan Curva Boys menempati Gate 19 yang biasa disiapkan untuk suporter tamu.

Berbagai nyanyian persaudaraan dikumandangkan mereka. Kedua kelompok suporter sempat berada dalam konflik namun kini sudah bisa menjadi saudara baik dan berada dalam satu tribune.

"Kami ingin menyambut positif kehadiran LA Mania dan Curva Boys untuk mendukung Persela. Mereka pasti ingin memberikan semangat juga untuk klub yang didukung. Ini juga menjadi wujud balasan dari kami," kata Agus Bimbim Tessy, dirijen Bonek Tribun Kidul, kepada Bola.com.

Balasan yang dimaksud Tessy merujuk kepada laga yang mempertemukan Persela dan Persebaya pada putaran pertama Liga 1 2018 di Stadion Surajaya, Lamongan (30/3/2018). Saat itu, Bonek sebenarnya tidak mendapat kuota tiket dari panpel.

Namun, mereka nekat masuk ke stadion tanpa menggunakan atribut Bonek. Mereka tetap mendapat sambutan dari suporter tuan rumah dan tidak ada lagi gesekan yang terjadi.

Pada laga ini, jumlah suporter Persela yang hadir terlihat melebihi kuota yang diatur. Sesuai regulasi Liga 1, setiap tim tuan rumah wajib menyediakan kuota tiket lima persen dari kapasitas stadion.

Jika merujuk itu, hanya ada 2.500 lembar tiket yang disediakan untuk suporter Persela mengingat panpel Persebaya melepas 50 ribu tiket dalam setiap pertandingan.

2 dari 2 halaman

Pesan Damai

Namun, jika dilihat, laga ini tidak dihadiri penonton secara penuh. Berdasarkan match summary, tercatat hanya 23.165 penonton yang hadir atau tidak sampai separuh kapasitas stadion.

"Bonek sudah sepakat tidak memberikan batasan kuota untuk LA Mania. Berapa pun jumlah mereka yang mau datang, kami beri keleluasaan. Kami ingin bertemu dengan saudara kami juga," imbuh Tessy.

Satu di antara tokoh Curva Boys, Nashikul Ikhfadi, sangat bersyukur pihaknya bisa diterima dengan baik oleh Bonek. Dia ingin semua hal positif yang telah dibangun ini bisa terus terjalin.

"Terima kasih banyak kepada teman-teman Bonek yang sudah menerima kami. Semoga ini jadi pesan damai dan persaudraan ke seluruh elemen suporter di Indonesia," kata pria yang akrab disapa Ikul itu.

"Selama kami niat mendukung tim dan membina hubungan baik, tidak ada yang tidak mungkin. Bonek selama ini dikenal dengan negatif, tapi hal itu tidak kami rasakan sama sekali. Justru kami mendapat kesan positif selama di Stadion GBT," tambahnya.

Video Populer

Foto Populer