Sukses


Indra Sjafri Menyiapkan 4 Gambaran Formasi untuk Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 mempersiapkan diri untuk Piala AFC U-19 2018 yang digelar pada 18 Oktober-4 November 2018 dengan melakukan pemusatan latihan di Jakarta sejak Senin (17/9/2018).

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, menyiapkan beberapa formasi dan strategi berbeda untuk tim asuhannya. Pelatih asal Sumatra Barat itu mengungkap mempersiapkan empat gambaran formasi yang akan digunakan di Piala AFC U-19 2018.

Indra Sjafri terkenal fleksibel saat menerapkan formasi bermain untuk tim asuhannya. Timnas Indonesia U-19 pernah bermain dengan formasi 4-3-3 saat menjuarai Piala AFF U-19 2013. Indra Sjafri juga pernah mencoba memainkan formasi 4-1-4-1 yang terkenal dengan formasi Burun Garuda pada tahun lalu.

Sementara untuk Piala AFC U-19 2018, Indra Sjafri mengaku akan mempersiapkan beberapa formasi yang penggunaannya akan sangat tergantung dengan kualitas pemain yang akan dimilikinya dalam setiap pertandingan. Dinamika penggunaan formasi yang berbeda disiapkannya untuk kejuaraan kali ini.

"Inilah guna dari sebuah persiapan. Semua ini untuk menentukan sistem yang akan kami gunakan, termasuk formasi. Satu hal yang harus diingat, formasi itu bukan tergantung kepada pelatih. Formasi itu tergantung kepada kualitas pemain yang ada," ujar Indra Sjafri saat ditemui setelah latihan Timnas Indonesia U-19 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

"Kalau saya memiliki pemain sayap bagus seperti 2013 era Evan Dimas, ada Maldini Pali dan Ilham Udin yang memiliki kecepatan, tentu saya tidak akan menggunakan 4-4-2, akan rugi jadinya. Jadi, semua tergantung dinamika yang terjadi dari pemain. Namun, dari tim pelatih minnimal sudah ada empat gambaran formasi kami akan bermain dengan sistem seperti apa," lanjutnya.

Indra Sjafri tidak membantah Timnas Indonesia U-19 kemungkinan akan kembali menggunakan formasi 4-3-3 atau memodifikasinya menjadi 4-2-3-1. "Bisa jadi. Nanti akan ada beberapa sistem yang harus kami persiapkan karena banyak pertandingan yang harus kami hadapi. Kami harus menyiapkan beberapa alternatif," ujar Indra.

Pemain Bhayangkara FC, Jajang Mulyana Giat Lakukan Penyembuhan Tahap Akhir Pasca Cedera

Video Populer

Foto Populer