Sukses


Prediksi Timnas Indonesia U-19 Vs Arab Saudi: Jajal Skuat Piala AFC U-19 2018

Bola.com, Cikarang - Timnas Indonesia U-19 menjamu Arab Saudi dalam laga uji coba internasional yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (10/10/2018) sore WIB. Laga uji coba internasional ini menjadi persiapan akhir bagi kedua tim yang akan memulai kiprah di Piala AFC U-19 2018 yang dimulai pada 18 Oktober mendatang.

Laga kontra Arab Saudi menjadi laga uji coba ketiga dalam persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFC U-19 2018. Setelah bermain imbang kontra Thailand dan kalah 0-3 dari China, laga kontra Arab Saudi akan menjadi ujian sesungguhnya jelang masuk ke turnamen. Satu alasannya adalah karena dalam laga ini Indra Sjafri sudah memilih 23 pemain yang akan dibawanya ke turnamen sepak bola junior level Asia itu.

"Semoga pertnadingan ini bisa bermanfaat baik bagi Timnas Indonesia U-19 maupun Arab Saudi. Ini menjadi laga uji coba sebelum kami masuk ke turnamen yang sesungguhnya pada 18 Oktober mendatang," ujar Indra Sjafri.

Dalam skema latihan terakhirnya, Timnas Indonesia U-19 memainkan para pemian terbaik yang dimiliki minus Egy Maulana Vikri. Pemain Lechia Gdansk itu sudah bergabung bersama rekan-rekan setimnya, tapi kondisi kelelahan akibat perjalanan panjang dari Polandia masih terlihat sehingga Egy harus berlatih terpisah.

"Kami sudah menentukan 23 pemian yang akan kami bawa dalam uji coba ini dan juga menjadi tim yang akan kami bawa ke Piala AFC. Jadi dalam laga uji coba ini target kami adalah merangkum semua permainan yang sudah kami latih dan akan menjadi permainan kami di Piala AFC nanti," ujar pelatih asal Sumatra Barat itu.

Arab Saudi memiliki pemain dengan postur yang lebih tinggi dari para pemain Tim Garuda Nusantara. Hal tersebut tentu harus diwaspadai oleh Nurhidayat Haji Haris dkk. Namun, menghadapi tim dengan karakter seperti itu memang merupakan tujuan utama Indra Sjafri karena timnya akan menghadapi dua tim asal Timur Tengah, Qatar dan Uni Emirat Arab, di Grup A Piala AFC U-19 2018.

Namun, postur tubuh lawan yang tinggi tak menjadi masalah bagi Timnas Indonesia U-19. Bek tengah Tim Garuda Nusantara, Rachmat Irianto, yang kemungkinan besar akan melakukan duel-duel udara dengan para pemain Arab Saudi, menegaskan apa yang menjadi target dirinya di pertandingan tersebut.

"Kami hanya akan fokus dengan permainan tim kami. Meski pemain Arab memiliki pemain-pemain berpostur tinggi, kami akan tetap berusaha menampilkan permainan secara maksimal untuk meredam mereka," tegas pemain Timnas Indonesia U-19 yang akrab disapa Rian itu.

2 dari 3 halaman

Arab Saudi Anggap Karakter Timnas Indonesia U-19 seperti Lawan di Grup D

Arab Saudi U-19 menghadapi Timnas Indonesia U-19 pun sebagai bagian dari persiapan menuju Piala AFC U-19 2018 yang digelar di Jakarta dan Jawa Barat mulai 18 Oktober mendatang. Arab Saudi menerima ajakan uji coba Indonesia karena melihat karakter tim asuhan Indra Sjafri tak jauh berbeda dengan lawan yang harus dihadapi di Grup D.

Arab Saudi berada di Grup D Piala AFC U-19 2018 bersama Tajikistan, China, dan Malaysia. Keempat tim tersebut akan tampil di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Berada satu grup bersama Malaysia menjadi satu alasan Arab Saudi beruji coba dengan Timnas Indonesia U-19. Asisten pelatih Arab Saudi, Ahmad Al Malki, menyebut pihaknya telah menyaksikan video pertandingan tim asuhan Indra Sjafri yang mengandalkan kecepatan seperti halnya tim-tim Asia Tenggara lainnya.

"Dalam grup yang kami tempati ada China, Tajikistan, dan Malaysia. Indonesia adalah tim dengan karakter yang paling dekat dengan permainan ketiga tim di grup kami. Pelatih kami pun sudah melihat beberapa video pertandingan Indonesia dan menilai permainan itu sangat baik," ujar Ahmad Al Malki.

Sementara itu, gelandang Timnas Indonesia U-19, Turki Alammar, menyebut pertandingan kontra Timnas Indonesia U-19 akan memberi pengaruh besar kepada persiapan mereka menuju Piala AFC U-19 2018. Turki pun berharap Nurhidayat Haji Haris dkk. memberikan sebuah perlawanan yang ketat kepada timnya.

"Kami berharap pertandingan ini membawa manfaat yang besar bagi kedua tim. Pertandingan menghadapi Indonesia menjadi laga yang diharapkan berjalan baik dan menjadi persiapan kami untuk ke depannya. Kami berharap Indonesia bisa memberikan perlawanan yang tangguh sebagai persiapan bagi kami," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Samuel Christianson (belakang); Muhammad Lutfhi Kamal Baharsyah, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaiman (tengah), Saddil Ramdani, Feby Eka Putra, Muhammad Rafli Mursalim (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Arab Saudi U-19 (4-4-2): Abdulrahman Al-Shammari (kiper); Mohammed Al-Shanqeeti, Naif Almas, Hassan Tombakti, Khalifa Al-Dawsari (belakang); Mansour Al-Bishi, Hamed Al-Ghamdi, Turki Al-Ammar, Abdulmohsen Al-Qahtani (tengah); Firas Al-Buraikan, Abdullah Al-Hamdan (depan)

Pelatih: Khaled Al Atwi

Video Populer

Foto Populer